Ilustrasi. Foto: Antara/Arif Firmansyah.
Ilustrasi. Foto: Antara/Arif Firmansyah.

Penambahan Personel ke Papua Langkah Preventif Polri

Nasional Kerusuhan Manokwari
Kautsar Widya Prabowo • 25 Agustus 2019 07:51
Jakarta: Penambahan personel ke Papua diklaim sebagai langkah preventif Polri mengamankan situasi di wilayah konflik. Pengiriman anggota Polri ke lokasi kerusuhan bukan untuk mengekang warga setempat.
 
"Ini dalam rangka melakukan tindakan pencegahan. Semua tau bahwa prevensi, tindakan pencegahan, lebih bagus dari pada tindakan penegakan hukum," kata Anggota Kompolnas Irjen (Purn) Bekto Suprapto di Jakarta, Senin, 24 Agustus 2019.
 
Bekto berharap ribuan personel yang dikirim ke bumi cenderawasih itu tidak hanya menjalankan tugas pengamanan, tapi juga bisa membantu warga. Aparat diminta tidak bersikap semena-mena, jika menangani kerusuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan sok-sokan main pukul orang, main tampar orang, apalagi main tembak orang dan sebagainya. Tapi kalau menunjukan betul-betul mereka bersahabat mengapa tidak," ujarnya.
 
(Baca: WNI Asal Papua di AS Serukan Perdamaian)
 
Sebanyak 1.200 aparat keamanan dikerahkan ke Papua. Mereka bekerja sama dengan pemimpin daerah untuk menenangkan masyarakat.
 
Ke-12 satuan setingkat kompi (SSK) itu disebar ke beberapa lokasi seperti Fakfak, Manokwari, dan Sorong. Meski situasi mulai kondusif, Polri terus menambah pasukan. Terakhir, 1 SSK dikerahkan untuk mengamankan situasi di Fakfak.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif