Ilustrasi Satpol PP. Foto: ANT/Zabur Karuru
Ilustrasi Satpol PP. Foto: ANT/Zabur Karuru

Satpol PP 'Sapu' PKL di Tepi Banjir Kanal Barat

Nasional pedagang kaki lima (pkl)
Ferdian Ananda • 06 September 2019 18:32
Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di tepi Banjir Kanal Barat, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sejumlah barang dagangan milik PKL disita.
 
"Penertiban tadi di BKB Tanah Abang," kata Katspol Tanah Abang, Aries Cahyadi, dihubungi Media Indonesia, Jumat, 6 September 2019.
 
Aries mengatakan barang yang disita akan menjadi barang bukti saat persidangan. Satpol PP pun akan melakukan sosialisasi dan imbauan agar PKL tak lagi berdagang di lokasi-lokasi yang dilarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Disita. Untuk dijadikan bukti di persidangan tipiring di Pengadilan," ucap dia.
 
Puluhan petugas Satpol PP melakukan patroli dan pengawasan di sepanjang pedestrian Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang. Pasalnya, sejumlah PKL masih nekat berjualan di trotoar jalan meskipun kucing-kucingan dengan petugas.
 
"Kita bersiaga dan memantau pergerakan para PKL, kita arahkan mereka untuk tidak menyerobot jalur pejalan kaki," kata Zainal, salah seorang petugas Satpol PP Jakarta Pusat.
 
Dia mengatakan PKL tidak jera untuk kembali menggelar lapak dagangan di trotoar Jalan Jatibaru Raya meski sudah ditertibkan. Pihaknya akan rutin bersiaga di sekitar Jalan Jatibaru Raya.
 
"Setiap hari tetap ada, mereka sudah terbiasa, kalau ada petugas kabur dan lembali lagi," sebutnya
 
Dia menyebut petugas satpol PP sudah bersiaga di beberapa titik tertentu di kawasan tersebut sejak pagi tadi. Mereka akan berpatroli mengimbau PKL agar tidak berdagang di pedestrian.
 
"Hari ini masih kita imbau, kita kasih tau baik-baik, tidak kita lakukan secara represif," pungkasnya.
 
Pantauan Media Indonesia, sejak pukul 09.00 WIB, lapak PKL perlahan memenuhi pedestrian. Baik pedagang pakaian, jilbab, sepatu dan sandal, serta asongan saling berdesakan.
 
Melewati jalur itu, pejalan kaki harus saling berbagi ruas jalan. Tak jarang, mereka berhenti untuk melihat-lihat barang yang dipajang di jalur sempit tersebut.
 
Saat petugas satpol PP bergerak, mereka langsung memindahkan barang-barang dagangannya itu. Mereka kucing-kucingan dengan petugas Satpol PP, kembali meletakkan barangnya ke jalur pedestrian setelah petugas menjauh.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif