Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

Ketua DPR Minta Kondisi Lapas Dievaluasi

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 17 Mei 2019 18:13
Jakarta: Kondisi lembaga pemasyarakatan (lapas) memprihatinkan. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengevaluasi kondisi Lapas di seluruh Indonesia.
 
"Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjen PAS) untuk melakukan evaluasi seluruh sistem di Lapas, baik sistem manajemen pengelolaan maupun pengawasan di dalam lapas," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Politikus Golkar itu mengungkapkan, salah satu poin yang harus dievaluasi yaitu terkait kapasitas lapas. Tak jarang, kapasitas yang berlebihan tak jarang menjadi penyulut kerusuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Ketua Komisi III itu juga meminta agar pemerintah untuk menjamin hak warga binaan sesuai Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Permasyarakatan.
 
Seperti diketahui, kondisi lapas kembali menjadi sorotan paska kerusuhan Lapas Narkotika Kelas III Hinai, Langkat, Sumatera Utara. Akibatnya, ratusan warga binaan melarikan diri.
 
Bamsoet pun meminta kepolisian untuk terus melakukan pencarian. Sebab, dapat meresahkan meresahkan masyarakat.
 
"Mendorong Lapas Narkotika Kelas III Hinai berkerja sama dengan Kepolisian untuk menyebarkan identitas warga binaan yang masih buron agar masyarakat dapat membantu pencarian dan melaporkan jika mendapati orang yang ciri-cirinya serupa dengan identitas yang disebarkan," ujar dia.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif