Puluhan siswa mengedukasi pengemudi mengenai pentingnya mengurangi sampah plastik. Foto: KLHK
Puluhan siswa mengedukasi pengemudi mengenai pentingnya mengurangi sampah plastik. Foto: KLHK

Kampanye Puasa Sampah Plastik Digalakkan

Nasional Larangan Sampah Plastik
17 Mei 2019 23:40
Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggalakkan kampanye puasa sampah plastik di bulan Ramadan tahun ini. Acara diselenggarakan di Tol Jagorawi Kilometer 10 Cibubur, Jakarta Timur.
 
Acara bertajuk 'Takjil Asik Rest Area Cantik Tanpa Plastik' ini merupakan rangkaian kampanye 'Kendalikan Sampah Plastik' yang telah dilaksanakan sejak 2018. KLHK menggaungkan tema 'Bersih Sampah Itu Ibadah' untuk mendorong masyarakat mengurangi sampah plastik.
 
"Kegiatan ini bertujuan mengajak para pengunjung, pengelola, dan tenant di rest area untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai," kata Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, Jumat, 17 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengendalian plastik, menurutnya, perlu dilakukan terutama di acara penting seperti hari raya, terutama saat mudik. Rest area menjadi target kampanye karena merupakan salah satu tempat yang disinggahi selama musim mudik Lebaran 2019.
 
Kampanye dilaksanakan dengan melibatkan pelajar SD, SMP, dan SMA peraih penghargaan Adiwiyata Nasional. Penghargaan itu diberikan kepada generasi muda peduli lingkungan.
 
Baca: Pemahaman Bahaya Sampah Plastik Masuk Kurikulum
 
Sebelum melaksanakan kampanye, sekitar 60 siswa dan 15 guru dari 7 sekolah peraih Adiwiyata Nasional mendapatkan peningkatan kapasitas dari KLHK dan Greeneration Foundation dalam bentuk ceramah, diskusi, dan permainan.
 
Pada saat kampanye para pelajar berinteraksi dengan pengunjung, memberi masukan dan saran kepada masyarakat. Mereka juga mengajak masyarakat melakukan gerakan menukar kantong plastik sekali pakai dengan tas guna ulang. Selain kampanye, KLHK juga menyiapkan takjil atau makanan buka puasa dengan konsep bebas kemasan plastik.

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif