Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id

Menkominfo Ajak Masyarakat Bijak Menggunakan Medsos

Nasional hoax
Kautsar Widya Prabowo • 05 Juni 2019 14:16
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) pada suasana Lebaran 2019. Masyarakat diharapkan tidak menyebarkan berita bohong (hoaks) yang dapat memecah belah bangsa.
 
"Kita bermedia sosial yang positif, mumpung Lebaran. Jauhkan hoaks, jauhkan berita bohong, jauhkan fitnah, apalagi namimah (adu domba) jauh-jauh. Mumpung Lebaran," ujar Rudiantara usai silahturahmi di kediaman Presidenke-5 Megawati Soekarnoputri, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Juni 2019.
 
Karopenmas Mabes Polri Brigjen, Dedi Prasetyo sebelumnya, mengatakan ada banyak penyebaran hoaks selama kerusuhan pada 21-22 Mei 2019. Penyebaran tersebut dilakukan melalui medsos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sampaikan di awal sampai dengan 21 sampai 28 Mei, sudah ada 10 kasus hoaks yang saat ini ditangani Direktorat Siber Bareksim bersama beberapa Polda," ujar Dedi saat menggelar konferensi pers di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Mei 2019.
 
Menurut Dedi, Korps Bhayangkara telah melakukan langkah-langkah persuasif sebelum mengambil tindakan penangkapan. Seperti memberikan literasi digital terkait hoaks, baik di medsos dan media mainstream.
 
Pihaknya juga sangat serius menangani kasus ini. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya orang ditangkap karena menyebarkan hoaks,
 
"Bahwa akun-akun yang menyebarkan konten hoaks harus betul-betul sadar diri ya, bahwa media sosial ini area publik harus betul-betul bijak menggunakan media sosial di area publik, harus betul-betul cerdas," imbuhnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif