Melihat Kecantikan Laut Togean dari Jembatan Pulau Papan
Jembatan Pulau Papan/Medcom.id/Renatha Swasty
Togean: Ratusan warga dan wisatawan mondar-mandir di atas jembatan Pulau Papan, Kabupaten Tojo Una-una, Togean, Sulawesi Tengah. Jembatan itu tak sekadar menghubungkan dua pulau, tapi sudah menjadi ikon wisata.

Jembatan Pulau Papan dibangun pada 2005 oleh masyarakat suku Bajo yang tinggal di pulau itu. "Jembatan dibangun awalnya bukan untuk masyarakat, tapi untuk anak sekolah," beber Kepala Dusun Kadoda Darwis saat berbincang dengan Medcom.id.

SD sampai SMA hanya tersedia di seberang Pulau Papan, yakni Malenge dan Kadoda. Warga memutuskan membangun jembatan lantaran anak-anak kerap berenang untuk pulang sekolah.

"Kalau pergi bisa diantar orang tua mereka, tapi kalau pulang, ada anak-anak yang tidak dijemput. Kalau mereka teriak 'jemput torang' tapi gak ada yang jemput, barang-barang mereka tinggal lalu pulang berenang, nanti balik naik kapal ambil barang," cerita Darwis.


Baca: Kemenpar Minta Promosi Pulau Togean Digencarkan

Kondisi yang sudagh jauh berbeda membuat jembatan itu menjadi 'jagoan' area waisata Kabupaten Tojo Una-una. Padahal, warga sekitar, sempat malu mengakui asalnya.

"Dulu kalau orang tanya, 'kamu dari mana? Kalau jawab dari Papan malu sekali," beber dia.

Kini, jelas Darwis, warga bangga dengan kecantikan Pulau Papan. Saat menyeberangi jembatan itu, kita disuguhkan pemandangan laut dengan gradasi biru. Air laut sangat jernih hingga kita bisa melihat ke dalam.

Baca: Mengolah Potensi Laut Togean Bercita Rasa Internasional

Karang-karang cantik berbagai warna berdiri kokoh. Masih dari atas jembatan, kita juga bisa melihat ikan warna-warni yang asyik berenang.

"Tidak ada yang seperti ini.Hanya di sini," kata salah satu warga Taman Nasional Kepulauan Togean yang tengah berkunjung ke Pulau Papan.

Jembatan itu dibangun pada 2005 dan mengalami perbaikan pada 2013 setelah rusak parah. Jembatan kemudian direnovasi pada 2018. Mulanya, jembatan itu hanya terbuat dari kayu. Kini, sebagian jembatan terbuat dari semen.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id