Menang Olimpiade, Siswa Dijamin Dapat Beasiswa S1

Intan Yunelia 09 Mei 2018 20:43 WIB
beasiswa
Menang Olimpiade, Siswa Dijamin Dapat Beasiswa S1
Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2018. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Jakarta: Para pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) tak sedikit yang menorehkan prestasi di kancah internasional melalui kompetisi sains.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin beasiswa setingkat strata 1 (S1) bagi pelajar peraih medali olimpiade tersebut. 

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud, Hamid Muhammad menjelaskan mulai tahun lalu, kementeriannya mengambil alih jaminan beasiswa S1 bagi peraih medali olimpiade dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Alasannya, Kemenristekdikti tak lagi memiliki cukup anggaran untuk memberikan beasiswa S1 peraih medali olimpiade. Padahal, anak-anak tersebut tidak hanya berprestasi, namun berpotensi memiliki masa depan cerah. 


"Tahun kemarin karena alasan anggarannya tidak mencukupi akhirnya diserahkan ke Kemendikbud," kata Hamid di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Mei 2018.

Skema yang digunakan adalah melalui Beasiswa Unggulan di Sekretariat Jenderal (Sekjen) Kemendikbud.  Namun, Kemendikbud hanya berkewajiban menanggung beasiswa mereka hingga S1. 

Sementara untuk S2 dan S3, kembali di bawah kewenangan Kemenristekdikti melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).   "Diserahkan S1 akhirnya di Kemendikbud, Tapi S2 dan S3 tetap LPDP," pungkasnya.

 



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id