Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Hindari Menyangkutkan Masker ke Dagu

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 13 Juli 2020 06:28
Jakarta: Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengimbau masyarakat tidak menggunakan masker di bawah dagu. Sebab, droplet sebagai sumber penularan virus korona berpotensi masuk ke area dalam masker.
 
"Karena droplet kita atau kuman penyakit yang ada di luar yang mungkin nempel di dagu akan pindah ke bagian dalam dari masker kita," kata Yuri di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Minggu, 12 Juli 2020.
 
Yuri menjelaskan menurunkan masker ke dagu sama dengan mencemari bagian dalam masker. Masker yang dinaikkan lagi ke atas (mulut) tidak memberikan fungsi optimal sebagai pencegahan penularan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Peneliti Jelaskan Bagaimana Masker Hambat Virus Keluar)
 
"Oleh karena itu kalau memang terpaksa harus melepas masker seperti saat makan atau berbicara di depan forum, lepas, jangan disangkutkan di dagu. Setelah selesai gunakan lagi, dengan tetap menjaga bagian dalam masker tetap tidak terpapar benda yang lain," tutur Yuri.
 
Yuri meminta masyarakat menggunakan masker yang nyaman. Misalnya masker yang masih memberikan ruang di antara masker dengan lubang hidung. Sehingga bisa bernapas dengan baik.
 
"Masker yang tidak nyaman akan membuat orang menjadi tidak bisa bertahan lama menggunakan masker," ucap Yuri.
 

(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif