Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Aktivitas Gempa di Lebak dan Sukabumi Meningkat

Nasional Gempa Bumi
Ferdian Ananda • 08 Juli 2020 05:10
Jakarta: Aktivitas kegempaan di Lebak, Banten; dan Sukabumi, Jawa Barat, meningkat selama beberapa bulan terakhir. Gempa yang dirasakan di wilayah itu dipastikan tidak saling menjalar dan memicu.
 
Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan gempa Lebak memang cukup kuat dirasakan hingga ke beberapa wilayah lainnya. Gempa dipicu deformasi batuan pada subduksi lempeng Indo-Australia.
 
Perubahan bentuk ini menghunjam bagian bawah lempeng Eurasia hingga terjadi patahan di kedalaman 87 km. Peristiwa ini menyebabkan pancaran gelombang seismik serta efek yang kuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Batas elastisitas yang sudah tidak bisa ditolerir lagi sehingga patah. Oleh karena itu, setiap gempa mekanismenya seperti itu jadi tidak ada gempa itu saling menjalar dan saling picu tetapi yang pasti ini memiliki sumber gempa sendiri dan rilis sendiri energinya di gempa tersebut," kata Daryono di Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.

Terasa sampai Jakarta

Kekuatan gempa yang mencapai IV MMI membuat perabotan rumah berbunyi di Lebak, Cihara, Rangkasbitung, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi, Jakarta, Depok dan Bandung. Hampir semua orang yang tinggal di gedung bertingkat merasakannya.
 
"Jadi di Jakarta terasa kuat karena efek tanah lunak di Jakarta yang tebal itu sampai terjadi resonansi dan menimbulkan guncangan," lanjut Daryono.
 
Dalam situasi pendemi virus korona (covid-19), ia berharap kondisi akan selalu aman. Jika terjadi fenomena yang tidak dikehendaki misalnya gempa, masyarakat diimbau tetap menjaga protokol kesehatan. Evakuasi harus dijalankan dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.
 
Baca: Gempa Rangkasbitung Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia
 
"Kita berharap efek dari bencana tidak bertambah dengan meluasnya pendemi ini," pungkas dia.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, menegaskan gempa tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan material. Namun, pihaknya tetap mewaspadai gempa susulan dengan menyiagakan peralatan evakuasi untuk mengurangi risiko kebencanaan.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif