NEWSTICKER
KRI Semarang-594 yang mengangkut 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess tiba di Pelabuhan Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.Medcom.id/Yurike Budiman
KRI Semarang-594 yang mengangkut 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess tiba di Pelabuhan Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.Medcom.id/Yurike Budiman

68 ABK Diamond Princess Berlabuh di Tanjung Priok

Nasional Virus Korona
Yurike Budiman • 15 Maret 2020 12:47
Jakarta: KRI Semarang-594 yang mengangkut 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess tiba di Pelabuhan Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta. Kapal berlabuh di dermaga sekitar pukul 11.40 WIB, Minggu, 15 Maret 2020.
 
Pantauan Medcom.id, penumpang diturunkan pukul 11.58 WIB. Namun, prosesi penyambutan peserta observasi kali ini berbeda jika dibandingkan dengan ABK World Dream.
 
Upacara menyambut kedatangan ratusan ABK World Dream. Dua bus yang menjemputpeserta observasi langsung mendekati kapal begitu pintu terbuka. Peniadaan upacara ini bukan tanpa alasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melihat kemarin melibatkan banyak orang dan lalu lalang sebagainya, kami tidak adakan upacara. Ini supaya mempercepat proses saja," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono, di Kolinlamil, Minggu, 15 Maret 2020.
 
Menurut Yudo, prosesi terpenting yakni saat penyerahan WNI kepada Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diwakilkan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto. Serang terima peserta observasi dilakukan di atas kapal.
 
"Yang penting kan kita serah terima ke Menko PMK prosesnya dan dilakukan penyerahan sertifikat sehat dari Kemenkes, sehingga mereka bisa kembali ke rumahnya masing-masing," ujarnya.
 
Baca: 68 ABK Diamond Princess Memulai Proses Observasi
 
Sebanyak 69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang, tiba di Pulau Sebaru Kecil sejak Senin, 2 Maret 2020. Mereka dijemput KRI dr Soeharso-990 dari pelabuhan PLTU Indramayu. Turut bersama mereka 10 kru penjemput yang ikut diobservasi di Pulau Sebaru Kecil.
 
ABK Diamond Princess dan kru penjemput, didampingi oleh 40 pendamping kesehatan dari Batalyon Kesehatan TNI dan Kementerian Kesehatan. Selama observasi, salah satu WNI ABK Diamond Princess dinyatakan terinfeksi virus korona. Kasus 06 menjangkiti seorang laki-laki berusia 36 tahun.
 
Baca: Bertambah 2 Orang, 6 Kasus Positif Korona Terdeteksi
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif