NEWSTICKER
Ilustrasi Lapas. MI/Susanto
Ilustrasi Lapas. MI/Susanto

Jadwal Kunjungan di Rutan Polda Metro Ditiadakan Sementara

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 24 Maret 2020 15:54
Jakarta: Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya menghentikan sementara jadwal kunjungan warga binaan. Peniadaan demi mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).
 
"Peniadaan waktu besuk mulai hari ini (Selasa, 24 Maret 2020) hingga 6 April 2020 atau selama dua minggu," ujar Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir Tahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas S. Imam saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Kunjungan terhadap warga binaan di Rutan Polda Metro Jaya terakhir Senin, 23 Maret 2020. Pihak Rutan belum menerapkan alternatif lain untuk keluarga agar tetap bisa berkomunikasi dengan warga binaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Kunjungan Lapas Lewat Video Call Imbas Wabah Korona)
 
Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memberlakukan pelarangan kunjungan langsung kepada warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Keluarga masih bisa berkomunikasi via bantuan teknologi.
 
Misalnya, Lapas Klas I Cipinang menyediakan 10 peralatan panggilan video (video call). "Kunjungan di lapas ada video call. Di sini (Lapas Cipinang) baru ada 10 laptop," kata Yasonna di Lapas Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Dia mengakui jumlah peralatan video call tidak sepadan dengan jumlah penghuni lapas. Yasonna menyebut jumlah peralatan video call untuk kunjungan lapas akan disesuaikan dengan besar fasilitas dan jumlah warga binaan.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif