Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

BPPT Siapkan 20 Ton Garam untuk Hujan Buatan

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Nur Azizah • 14 Mei 2020 12:50
Jakarta: Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan 20 ton garam untuk penyemaian awan di Riau dan Jambi. Namun, penerbangan untuk membuat hujan buatan harus menunggu awan potensial muncul.
 
“Pesawat baru didatangkan kemarin (Rabu, 13 Mei 2020) dari Skuadron Udara 4 Malang tipe Casa 212 reg A-2107 sehingga pelaksanaan akan dimulai,” kata Kepala BBTMC Tri Handoko Seto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Menurut dia, operasi TMC di Riau ini kelanjutan dari operasi sebelumnya yang dilaksanakan pada 11 Maret sampai 2 April 2020. Saat ini, Posko TMC Pekanbaru, Riau, bertugas hingga menjangkau Jambi selama 15 hari mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT Yudi Anantasena mengatakan pada operasi sebelumnya, TMC mampu meredam titik panas di Riau. Pada Maret hingga awal April, hampir setiap hari turun hujan.
 
"Hotspot turun hingga sempat 0 titik,” ujar Yudi.
 
Selain menurunkan jumlah titik api, operasi TMC di Riau dan Jambi untuk membasahi lahan-lahan gambut di musim kemarau. Hujun buatan mengisi kanal-kanal, embung, dan kolam-kolam retensi guna mencegah lahan gambut terbakar.
 
Baca: Pemerintah Antisipasi Kekeringan di Tengah Covid-19
 
Data BBTMC mencatat operasi TMC 11 Maret sampai 2 April menghasilkan air hujan yang mencapai 97,8 juta meter kubik. Akumulasi rata-rata curah hujan aktual selama periode TMC sebesar 227,2 mm.
 
Saat ini, wilayah rawan sepanjang pesisir timur Riau hingga Jambi menjadi target TMC. Posko TMC Pekanbaru dipusatkan di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin. Tim TMC diperkuat enam staf BBTMC termasuk koordinator lapangan,flight scientist,ditambah pilot dan kopilot.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif