Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Pemerintah Kirim Cartridge Covid-19 ke Daerah Terluar

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 14 Mei 2020 16:49
Jakarta: Juru bicara wakil pemerintah untuk penanganan korona Achmad Yurianto menyebut 6.300 cartridge tes korona (covid-19) telah disebar ke 30 provinsi di Indonesia. Termasuk, ke daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.
 
"Kita pilih daerah yang memang memiliki jarak yang cukup jauh dari fasilitas yang mampu memeriksa real time polymerase chain reaction (PCR)," kata Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Yurianto menyebut wilayah-wilayah itu yakni Kabupaten Yapen, Nabire, Timika, Mimika, Merauke, Nias dan lainnya. Daerah-daerah itu dinilai memiliki keterbatasan mengakses fasilitas kesehatan maupun laboratorium.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: 6.300 Cartridge Tes Covid-19 Disebar ke 30 Provinsi)
 
"Kalau harus dikirim pemeriksaannya (ke Jakarta) harus menunggu, oleh karena itu kemudian inilah yang kita gunakan," ujar dia.
 
Dia menyebut sebanyak 173.690 spesimen telah diperiksa. Pemerikaan melalui metode real time PCR dan tes cepat molekuler (TCM).
 
"Semuanya sudah berjalan dengan baik meskipun belum sepenuhnya maksimal. Yang menggunakan TCM sudah 719 spesimen dan sisanya real time PCR," tutur dia.
 
Secara nasional, kasus positif bertambah 568 orang hingga Kamis, 14 Mei 2020. Totalnya mencapai 16.006 kasus.
 
Sementara pasien sembuh mencapai 3.518 orang dan pasien meninggal menjadi 1.043.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif