Kecelakaan LRT saat uji coba, Senin, 25 Oktober 2021. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Kecelakaan LRT saat uji coba, Senin, 25 Oktober 2021. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

Begini Kronologi Tabrakan LRT dari PT INKA

Nasional inka persero lrt LRT Jakarta LRT Tabrakan Saat Uji Coba Kecelakaan LRT
Siti Yona Hukmana • 26 Oktober 2021 00:06
Jakarta: Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) mengalami kecelakaan saat uji coba pada Senin siang, 25 Oktober 2021. Peristiwa tabrakan itu terjadi setelah pengujian sekitar pukul 13.00 WIB.
 
"Tumbukan tersebut melibatkan dua rangkaian kereta LRT, di antara petak Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek. Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT," kata Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Oktober 2021. 
 
Menurut dia, peristiwa bermula saat satu rangkaian kereta akan melangsir. Kemudian, rangkaian kereta itu menabrak rangkaian kereta lain yang sedang stabling

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang memastikan kereta dalam kondisi tidak berpenumpang. Namun, ada satu korban luka ringan, yaitu masinis PT Industri Kereta Api (INKA) Faisal. Saat ini, korban dirawat di Rumah Sakit Melia Cibubur. 
 
Baca: Kelanjutan Uji Coba LRT Jabodebek Tergantung KNKT
 
"Untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA," ujar Bambang. 
 
Insiden tabrakan kereta LRT Jabodebek melibatkan Train Set (TS) 20-29 pada KM 12+800 antara Stasiun Harjamukti-Ciracas. Rangkaian badan LRT tersebut dalam posisi menimpa rangkaian yang lainnya. 
 
Kecelakaan tersebut terjadi saat Trainset 20 telah berhenti mendekati Stasiun Harjamukti pada pukul 12.25 dan Trainset 29 menabrak dari belakang pada pukul 12.45 pada KM 12+800 antara Harjamukti-Ciracas.
 
Insiden ini berdampak pada trainset lain yang sedang parkir berjajar di dekat Stasiun Harjamukti, yaitu tiga car/gerbong pada TS 9 dan dua car/gerbong pada TS 12. Total dua trainset dan lima car/gerbong (TS 9 - TS 12) akan dikembalikan ke Madiun untuk diperbaiki. Dampak kerusakan pada prasarana masih diinvestigasi. 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif