Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Berita Terpopuler Nasional

11 Negara Dikucilkan Akibat Varian Omicron Hingga Sanksi Bagi ASN Nekat Cuti Nataru

Nasional pns Virus Korona natal dan tahun baru ASN pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional Varian Baru Covid-19 Omicron Varian Omicron
Achmad Zulfikar Fazli • 01 Desember 2021 06:31
Jakarta: Sejumlah artikel menjadi yang terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id pada Selasa, 30 November 2021. Artikel yang banyak dicari pembaca ialah seputar penyebaran varian omicron hingga sanksi bagi aparatur sipil negara (ASN) yang nekat cuti saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. Catat, Ini Daftar 11 Negara yang Dikucilkan karena Varian Omicron

Pemerintah kini semakin waspada dengan penyebaran virus covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron. Varian Omicron terdeteksi di 11 negara.
 
Warga negara asing (WNA) yang dalam 14 hari terakhir memiliki riwayat perjalanan mengunjungi 11 negara tersebut tidak diizinkan masuk Indonesia. Sedangkan untuk warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki riwayat perjalanan ke 11 negara tetap diperbolehkan pulang dengan syarat melakukan karantina selama 14 hari.
 
"Pelarangan masuk untuk WNA yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir ke negara-negara yang terdeteksi Omicron," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers daring beberapa hari yang lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya baca di sini

Baca: Pemerintah Pantau Perjalanan dengan Kesepakatan Diplomatik

2. Libur Nataru, Polri Melayani Vaksinasi di 1.113 Pos Pelayanan

Polri membuat 1.113 pos pelayanan selama libur Nataru. Ribuan pos itu bakal melayani vaksinasi covid-19 untuk masyarakat.
 
"Nanti bagaimana pos-pos pelayanan yang ada itu kita gunakan untuk memberikan pelayanan vaksin kepada masyarakat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi, Selasa, 30 November 2021.
 
Rusdi mengatakan pos pelayanan itu akan dijaga personel gabungan. Yakni, TNI-Polri dan Dinas Kesehatan (Dinkes).
 
Selengkapnya baca di sini

3. Kominfo: Nekat Cuti Nataru, ASN Siap-siap Dapat Sanksi

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengingatkan ASN wajib menunda cuti pada Desember 2021. Johnny menegaskan sanksi menanti bagi mereka yang melanggar.
 
"Kami mengharapkan para ASN dan semua pihak yang terkait dengan kebijakan ini dapat mengerti kebijakan ini semata diambil untuk mendukung pengendalian covid-19 di Indonesia. Kami berharap sanksi tegas yang sudah disiapkan tidak perlu diberikan kepada ASN mana pun," kata Johnny dalam keterangan tertulis, Selasa, 30 November 2021.
 
Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2021, ASN dilarang mengambil cuti dan bepergian ke luar daerah di minggu yang sama dengan hari libur nasional baik sebelum maupun sesudah mulai 20 Desember 2021. SE Menpan-RB Nomor 26 Tahun 2021 juga melarang ASN mengambil cuti dan bepergian ke luar daerah selama periode Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yakni pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Baca: Muncul Varian Omicron, Penerapan PPKM Level 3 Tetap Mulai 24 Desember
 
Artikel di Kanal Nasional Medcom.id akan terus diperbarui. Klik di sini untuk mengetahui perkembangan informasinya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif