Presiden Joko Widodo beserta rombongan di Stasiun Central Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Branda Antara/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo beserta rombongan di Stasiun Central Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Branda Antara/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi Kembali ke Polandia Usai Lawatan di Ukraina

Antara • 30 Juni 2022 04:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan kembali ke Polandia pada Rabu, 29 Juni 2022, seusai menuntaskan lawatan di Ukraina. Presiden dan rombongan menumpangi kereta luar biasa dari Stasiun Central Kyiv pukul 19.00 waktu setempat.
 
Melansir Antara, Kereta tersebut dijadwalkan tiba di Stasiun Przemysl Glowny, Przemysl, Polandia, pada Kamis, 30 Juni 2022. Setibanya di Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan dijadwalkan langsung menuju Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, untuk melanjutkan lawatan ke Moskow, Rusia.
 
Dalam rangkaian lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi sempat meninjau sejumlah bangunan apartemen di Kota Irpin yang rusak akibat perang yang dipicu oleh invasi militer Rusia sejak 24 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Presiden bersama Ibu Negara juga menyampaikan bantuan kemanusiaan dari Indonesia kepada Ukraina yang diserahkan secara simbolis kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.
 

Baca: Terima Kasih Zelensky Atas Kedatangan Jokowi ke Ukraina 


Presiden Jokowi kemudian disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv. Jokowi sempat menawarkan diri apabila ada pesan yang ingin disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers bersama Presiden Zelenskyy, melansir Antara, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam lawatan misi perdamaian ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif