NEWSTICKER
ASN di lingkungan Pemkot Solo menerima sosialisasi pencegahan korona dari PMI Solo. (Triawati Purwanto/Medcom.id)
ASN di lingkungan Pemkot Solo menerima sosialisasi pencegahan korona dari PMI Solo. (Triawati Purwanto/Medcom.id)

ASN Bekerja dari Rumah Hingga Akhir Maret

Nasional Virus Korona virus corona
Theofilus Ifan Sucipto • 16 Maret 2020 13:24
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) membentuk pedoman kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) di tengah wabah virus korona (covid-19). Ketentuan ini membuat ASN bisa bekerja dari rumah hingga Selasa, 31 Maret 2020.
 
"Untuk mengurangi risiko covid-19 dan memastikan pelaksanaan tugas berjalan efektif," kata Menpan-RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.
 
Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah. SE itu memuat pedoman pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tjahjo mengatakan pejabat pembina kepegawaian (PPK) harus memastikan ada dua pejabat struktural tertinggi yang berkantor saat para ASN bekerja di rumah. "Agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat," ujar Tjahjo.
 
ASN Bekerja dari Rumah Hingga Akhir MaretMenteri Pemberdayaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
 
Baca:Perusahaan Diimbau Terapkan Sistem KerjaOnline
 
Tjahjo juga menginstrusikan PPK mengatur sistem kerja yang akuntabel. Sistem itu perlu memperhatikan sejumlah hal, seperti jenis pekerjaan, peta sebaran covid-19, domisili, dan kesehatan pegawai.
 
ASN yang bekerja di rumah, jelas Tjahjo, tidak boleh bepergian. ASN hanya boleh keluar rumah saat keadaan mendesak, seperti memenuhi kebutuhan pangan.
 
Tjahjo menjamin ASN yang bekerja di rumah tetap mendapatkan tunjangan kinerja. "Setelah berakhirnya masa berlaku ini, pemimpin instansi melakukan evaluasi atas efektivitasnya," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif