Ilustrasi alat deteksi gempa. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi alat deteksi gempa. Medcom.id/M Rizal

BMKG Amati Potensi Gempa Sesar di Jakarta

Nasional gempa
Putri Anisa Yuliani • 06 Februari 2020 10:07
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengobservasi potensi keberadaan patahan atau sesar lempeng bumi di wilayah Jakarta bagian utara. Sejumlah alat pendeteksi pergerakan lempeng dipasang agar dapat mendeteksi getaran gempa sekecil apa pun.
 
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut observasi mengantisipasi kemungkinan terburuk gempa bumi di Jakarta. "Di permukaan bumi mungkin kita tidak merasakan. Tapi di dasar bumi itu mungkin terjadi gempa dengan skala kecil, dan alat itu bisa merasakan serta mencatatnya," ungkap Dwikorita di Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
 
BMKG Amati Potensi Gempa Sesar di Jakarta
Petugas menunjuk data rekam seismograf pemantau aktifitas letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Pos Pengamatan GAK Pasauran, Serang, Banten. Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan rektor Universitas Gajah Mada ini menyebut teknologi hingga saat ini tidak bisa memprediksi gempa. Namun, observasi bisa mendapatkan data mengenai pola gempa. Data tersebut bisa diolah pemerintah untuk mengambil langkah antisipatif.
 
Keberadaan sesar di utara Jakarta belum dapat dipastikan. Pengamatan sekaligus pengumpulan data secara menyeluruh perlu dilakukan dengan perkiraan kemungkinan terburuk.
 
"Kita ini kan memang lembaga negara yang mesti punya kecemasan dan kecurigaan tingkat ekstrem supaya bisa mengantisipasi bencana ke depan," ucap dia.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif