Seorang anggota komunitas pecinta lingkungan membersihkan patung Garuda Pancasila di Museum Candi Penataran, Blitar, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). Foto: Antara/Irfan Anshori
Seorang anggota komunitas pecinta lingkungan membersihkan patung Garuda Pancasila di Museum Candi Penataran, Blitar, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). Foto: Antara/Irfan Anshori

Ormas Diajak tak Lelah Kritisi Kebijakan Pemerintah

Nasional ormas
30 Mei 2018 20:22
Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta organisasi masyarakat (ormas) turut serta mengontrol jalannya roda pemerintahan dalam menyukseskan pembangunan nasional. Ormas harus mampu menjadi mitra pengimbang, baik bagi DPR sebagai lembaga legislatif maupun pemerintah sebagai lembaga eksekutif.
 
Bamsoet menekankan agar ormas tak ragu memberikan kritik dan masukan, begitu pun dalam memberikan apresiasi atas berbagai capaian yang telah diraih DPR dan pemerintah.
 
"Membangun bangsa harus diawali dengan kesadaran. Ormas sebagai wadah berkumpul individu harus membantu negara dalam menyukseskan pembangunan nasional," ujar Bamsoet saat menerima Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) DKI Jakarta di ruang kerja Ketua DPR, Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018, melalui keterangan tertulis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bamsoet mengajak seluruh ormas, khususnya Pemuda Pancasila, untuk membantu menjaga kondusivitas bangsa dan negara. Mengingat, sebentar lagi memasuki Pemilu 2019. Ia meminta Pemuda Pancasila menjadi pionir dalam mengedukasi masyarakat.
 
"Pemuda Pancasila harus menggaungkan pemilu damai dari sekarang. Gandeng ormas lain untuk membantu aparat hukum maupun KPU menyukseskan pemilu. Buktikan kepada Indonesia bahwa Pemuda Pancasila adalah agen perdamaian, bukan agen kekerasan," kata dia berpesan.
 
Gaungkan Asian Games
 
Politisi Partai Golkar ini juga mengajak Pemuda Pancasila aktif menggemakan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Bukan hanya di perkotaan, gema Asian Games harus menyentuh masyarakat di perdesaan.
 
"Manfaatkan jaringan Pemuda Pancasila di desa. Pemuda Pancasila harus ikut ambil bagian dalam menyukseskan penyelenggaraan Asian Games," kata mantan ketua Komisi III ini.
Ormas Diajak tak Lelah Kritisi Kebijakan Pemerintah
Ketua DPR Bambang Soesatyo bersama pengurus MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta. Foto: Istimewa
 
Menjawab arahan Bamsoet, Ketua MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta Thariq Mahmud mengatakan pada 1 Juni Pemuda Pancasila DKI Jakarta akan mendeklarasikan pemilu damai bekerja sama dengan kepolisian.
 
Untuk perhelatan Asian Games, ia meyakinkan akan mengerahkan kader dan anggota untuk menggaungkannya sampai ke daerah.
 
“Kami juga sudah memasang baliho di Jakarta untuk menyemarakkan Asian Games. Insyaallah Pemuda Pancasila akan menjadi salah satu pengelola stan di Asian Games. Ini wujud keseriusan kami," kata Thariq.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif