Asian Games 2018 Bawa Berkah untuk Sektor Pariwisata
Anak-anak antusias menyambut Asian Games 2018 (Foto:Antara/Maulana Surya)
Jakarta: Asian Games 2018 akan berlangsung dua bulan lagi. Perwakilan dari 45 negara akan berlaga di Jakarta dan Palembang selama dua pekan, yakni dari 18 Agustus hingga 2 September. Ajang ini tidak hanya mengangkat prestasi olahraga Tanah Air ke level internasional, namun juga mendongkrak sektor pariwisata.

Dari kajian yang dilakukan Bappenas, Asian Games 2018 diprediksi memberikan dampak arus uang yang masuk sebanyak Rp3,6 triliun. Venue di Jakarta memberikan kontribusi 70 persen dengan spending peserta mencapai Rp2,5 triliun. Dengan konsentrasi penyebaran pengunjung 30 persen, Palembang berkontribusi Rp1,1 triliun.

"Perputaran uang di venue Jakarta lebih kencang. Sebab, mayoritas event berada di sana,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.


Dari total dampak langsung Rp3,6 triliun tersebut, supporter atau wisatawan memberi kontribusi mencapai 88 persen. Pengeluaran atlet sekitar 4,67 persen, awak media berkontribusi 3,96 persen, dan ofisial mencapai 2,34 persen. Sukarelawan juga berpengaruh 0,77 persen. “Semua lini berkontribusi terhadap eknomi. Jumlah terbesar memang dari pengunjung dan wisatawan,” katanya.

Selama berada di Indonesia, supporter atau wisatawan mancanegara memiliki spending besar. Untuk komponen akomodasi saja, bisa mendatangkan pendapatan Rp1,3 triliun bagi akomodasi lokal. Sektor transportasi berkontribusi Rp640 miliar, aktivitas kuliner Rp628 miliar, wisata belanja Rp560 miliar, dan kegiatan hiburan Rp280 miliar.

"Peluang ekonomi harus dioptimalkan. Untuk itu, promosi Asian Games dan pariwisata harus tepat sasaran. Ada sedikit kemudahan masuk ke Indonesia. Aksesibilitas menuju venue juga harus prima,” kata Bambang menjelaskan.


(Foto:AFP/Bay Ismoyo)

Menurut data dari INASGOC, jumlah atlet yang akan masuk ke Palembang dan Jakarta diperkirakan mencapai 11.347 orang. Total sport official 8.591 orang, National Olimpic Official (NOC) 6.000 orang, Olympic Council of Asia (OCA) 2.500 orang, target penonton diperkirakan mencapai 250 ribu orang. Total keseluruhan mencapai 278.438 orang yang akan masuk ke Indonesia.

Dalam menangkap peluang untuk mendongkrak sektor pariwisata melalui ajang Asian Games, Palembang dan Jakarta telah berbenah diri. Di Palembang, telah dilakukan penataan kawasan Pedestrian Walk Sudirman, dan penataan kawasan Sungai Sekanak yang diharapkan sebagai destinasi wisata baru.


Sungai Sekanak (Foto:Antara/Dwi Apriani)

Pemerintah Kota Palembang menata kawasan Pedestrian Walk Sudirman mirip seperti Orchard di Singapura. Para pejalan kaki akan disuguhkan pemandangan yang bagus untuk swafoto. Selain itu berbagai atraksi juga disajikan di sepanjang kawasan tersebut. Ada pertunjukan musik Timur Tengah, komedi tunggal, keroncong, dan lain-lain.

Dari beberapa pembenahan tersebut, Kota Pempek sudah mampu menyedot beberapa investor. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kota Palembang mencatat sebanyak 2.759 pengajuan perizinan pada periode 1 Januari sampai 28 Februari 2018.


Jembatan Ampera dicat ulang jelang Asian Games 2018 (Foto:Antara/Nova Wahyudi)

Sementara di Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memproyeksikan Kota Tua dan Kepulauan Seribu akan mampu menyedot wisatawan sebagai kawasan tourism sport. Menurutnya, kepariwisataan merupakan lokomotif proyek Asian Games.

"Destinasi seperti Kota Tua dan Kepulauan Seribu sangat potensial untuk menarik lebih banyak kunjungan yang berbasis sport tourism,” kata Sandi, ditemui wartawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, melalui ajang Asian Games beberapa sektor usaha pariwisata diprediksi akan mengalami pendongkrakan catatan penjualan, yaitu hotel, agen travel, pusat perbelanjaan, rental kendaraan, transportasi umum, restoran, serta kafe.

Menyangkut pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Asosiasi Pariwisata dan Kadispar menawarkan paket wisata Asian Games yang diselenggarakan di tujuh destinasi wisata, yaitu Paket Tur Jakarta, Paket Tur Jawa Barat, Paket Tur Jakarta dan Jawa Barat, Paket Tur Sumatera Selatan, Paket Tur Jawa Tengah dan Yogyakarta, Paket Tur Banyuwangi, dan Paket Tur Bali.


(Foto:Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Tak hanya itu, Kemenpar bersama travel agent, Association of Indonesia Travel Agents (ASITA), Dinas Pariwisata, dan INASGOC telah mengadakan pertemuan pada 20 April 2018, untuk membahas bundling ticket menonton pertandingan dan paket wisata Asian Games. ASITA ditunjuk sebagai perwakilan travel agent untuk penjualan tiket menonton cabang olahraga (cabor) dan akan diberlakukan seperti ticket box.


Maskot Asian Games 2018 (Foto:Dok.Kemenpar)

Masing-masing travel agent akan diberikan kuota dengan jumlah terbatas sesuai kesepakatan dan pada H-1 sisa tiket yang tidak terjual otomatis akan ditarik oleh departemen ticketing INASGOC.


Maskot Asian Games 2018 (Foto:Dok.Kemenpar)

Jadwal pertandingan cabang olahraga akan segera dibagikan oleh INASGOC kepada travel agent melalui ASITA. Travel agent yang ingin mempromosikan paket wisata kepada para atlit yang tinggal di hotel akan difasilitasi oleh INASGOC. Pembelian tiket nantinya dapat dilakukan secara online dan konvensional.


Maskot Asian Games 2018 (Foto:Dok.Kemenpar)


Kemenpar bersama dengan industri dan asosiasi pariwisata pun telah mempromosikan 75 paket wisata Asian Games di beberapa event pariwisata, seperti pameran pariwisata di luar negeri (MATTA Fair di Malaysia, ITB Berlin, ITCM Shanghai, dan PATA Adventure Travel Conference & Mart di Tiongkok), festival (INAFEST di Shangai, Tiongkok), sales mission khusus Asian Games (Osaka, Tokyo, Shanghai, dan Beijing), dan famtrip khusus Asian Games.

Selalu perbarui informasi Anda seputar Asian Games 2018 dengan mengakses microsite dukungbersama.id. Tak hanya itu, ada juga kompetisi online dengan hadiah menggiurkan menanti Anda. Penasaran, kan? Yuk, klik di sini!



Artikel ini didukung oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

  track_getcraft



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id