Ketua KPU RI Arief Budiman. MI/Rommy Pujianto.
Ketua KPU RI Arief Budiman. MI/Rommy Pujianto.

Bencana Jadi Tantangan Penyelenggaraan Pemilu

Nasional gempa Gempa Donggala
Nur Azizah • 29 September 2018 13:48
Jakarta: Rentetan bencana yang terjadi menjelang Pemilu 2019 menjadi tantangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Bencana tersebut bisa menganggu jalur distribusi logistik pemilu.
 
Tak hanya itu, bencana yang menelan korban jiwa bisa mengubah jumlah daftar pemilih. Belum lagi, bila bencana menghilangkan kawasan seperti lumpur Lapindo di Sidoarjo.
 
"Ini menjadi tantangan untuk kami dengan waktu yang singkat harus kembali merekap data-data. Karena ada pemilih yang sudah tidak ada," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 September 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Landasan Pacu Bandara Palu Rusak 400 Meter
 
Jumlah DPT dan wilayah menjadi penting untuk keberlangsungan pemilu. Sebab, keduanya berhubungan erat dengan jumlah logistik yang harus disiapkan.
 
"Itu berpengaruh dengan jumlah bilik dan kotak suara. Apalagi, bilik dan kotak suara akan kami produksi dalam waktu dekat ini," jelas Arief.
 
Terkait distribusi logistik, KPU mengibaratkan daerah bencana seperti daerah terpencil. Distribusi harus dilakukan dua minggu lebih awal.
 
"Kami berharap, mendekati hari pemilihan tidak ada bencana apapun karena itu bisa menganggu dan menimbulkan kesulitan," pungkas dia.
 
Baca: BNPB: 48 Orang Tewas Akibat Gempa Donggala
 
Kemarin, gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah Sulawesi Tengah. Gempa yang dirasakan kuat di Donggala, Mamuju, dan Kota Palu pun menyebabkan tsunami.
 
Detik-detik terjadinya tsunami sempat terekam oleh video amatir. Dari video itu, air laut sempat surut kemudian ombak besar menghantam rumah-rumah di bibir pantai.
 
Gempa merusak sejumlah fasilitas umum di sejumlah wilayah Sulteng. Sistem navigasi pesawat juga ikut rusak membuat distribusi makanan, obat-obatan, dan selimut terhambat.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif