Besok, Jalan di Sekitar Monas Dialihkan
Ilustrasi. MI/Susanto
Jakarta: Pemprov DKI akan melakukan rekayasa lalu lintas saat kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 yang digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat, besok. Pada lokasi yang sama juga ada kegiatan Parade Momo Asean Para Games 2018.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan kegiatan deklarasi kampanye damai yang diinisiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) berlangsung mulai pukul 06.00 WIB. Acara itu bakal dihadiri dua pasangan calon presiden dan wakil presiden beserta anggota partai politik.

"Rute yang akan dilalui saat kampanye damai yakni Monas (pintu Barat Laut/dekat Istana)-Jalan Medan Merdeka Barat-Patung Arjuna Monas (pintu Barat Daya)," kata Andri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 22 September 2018.


Sementara itu, Parade Momo Asian Para Games 2018 akan dimulai pada pukul 06.30 WIB. Rute kegiatan ini yaitu pintu Tenggara Monas menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, lalu putar balik di Bundaran Air Mancur atau Patung Arjuna. Rombongan lalu kembali ke pintu tenggara Monas di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Berikut daftar arus lalu lintas di sekitar Monas yang dialihkan:

1. Arus lalu Iintas dari arah Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau Jalan Jenderal Sudirman dialihkan belok kiri melalui Jalan Juanda, lalu ke Jalan Veteran lll, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Abdul Muis dan seterusnya

2. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang III yang akan menuju Jalan Museum dialihkan belok kiri menuju Jalan Abdul Muis

3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kamuliaan diarahkan lurus ke arah selatan

4. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih yang akan belok kiri menuju Jalan MH Thamrin diarahkan lurus menuju Timur,

5. Arus lalu Iintas dari Jalan M Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan lurus ke Jalan Medan Merdeka Utara.

Andri memastikan Bus Transjakarta tetap operasi selama kegiatan di Monas berlangsung. Petugas Transjakarta akan melakukan buka tutup jalan secara situasional. "Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujarnya.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id