Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah

Pencairan Dana Pemulihan Bencana Terkendala Data Korban

Nasional bencana banjir Jakarta Banjir
Intan Yunelia • 24 Januari 2020 18:11
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum bisa mencairkan dana pemulihan bencana untuk korban banjir yang terjadi di awal 2020. Pasalnya, BNPB tak belum mendapatkan data korban dari pemerintah daerah (Pemda).
 
"Usulan untuk kebutuhan masyarakat apakah itu dana untuk sewa rumah bagi masyarakat yang terdampak termasuk juga kebutuhan untuk relokasi. Kami masih menunggu dari Pemda," kata Kepala BNPB Doni Monardo di Kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat, 24 Januari 2020.
 
Doni mengatakan dana bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bantuan diserahkan BNPB langsung ke warga yang terdampak bencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang rumahnya rusak berat itu mendapatkan alokasi dana stimulan senilai Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusan ringan Rp10 juta," ujar Doni.
 
Doni menyebut berbagai bantuan logistik untuk masyarakat terdampak banjir sudah diberikan. Bantuan juga datang dari para relawan.
 
"Hampir semua daerah sudah mendapatkan bantuan logistik, jadi minimal sudah bisa dipenuhi. Beberapa tempat yang tidak bisa dijangkau karena tranportasi darat, disiapkan helikopter dari TNI angkatan darat dan BNPB," pungkasnya.
 
Sejumlah wilayah terendam banjir di awal 2020. Beberapa yang cukup disoroti yakni banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Banjir awal tahun juga melanda kawasan Lebak, Banten.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif