Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

DKI Ancang-ancang Menghadapi Gempa Megathrust

Nasional gempa bumi pemprov dki
Sunnaholomi Halakrispen • 06 Maret 2018 13:03
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku pihaknya tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi gempa megathrust di Jakarta. Meski, sampai saat ini belum ada yang dapat memastikan kapan lindu hebat itu terjadi.
 
"Sekarang teknisnya ada di Pak Yupan di BPBD (Yupan Royter, Kepala BPBD DKI) kita ingin punya kesiapan, karena musibah datang anytime. Yang bisa kita siapkan adalah tentunya apa yang harus dilakukan oleh warga Jakarta seandainya gempa megathrust 8,7 itu terjadi hari ini," kata Sandi di Balaikota Jakarta, Selasa, 6 Maret 2018.
 
Sandi bilang persiapan itu merupakan rancangan kegiatan untuk 72 jam ke depan. Terkait kesiapan itu, Sandi bilang, bakal mengadopsi cara di Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:Pemprov DKI Diminta Audit Semua Gedung)
 
"Seperti waktu saya belajar di Jepang kemarin 72 jam itu golden periode, apa yang mereka lakukan untuk menyiapkan air atau makanan," papar Sandi.
 
Selanjutnya, menyiapkan penampungan sementara. Sandi memaparkan bahwa saat ini tim dari BPBD tengah menggagas hal itu.
 
Untuk jangka panjang, kata Sandi, akan dibuat memorandum of understanding (MoU) ataunota kesepahaman dengan BMKG. Ini penting supaya masyarakat bisa mendapat latihan simulasi bencana khususnya gempa.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif