Sampel DNA Keluarga Penumpang Lion Lengkap
Konferensi pers tim DVI Polri/Medcom.id/Marcheilla
Jakarta: Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri menyatakan sampel DNA keluarga penumpang Lion Air PK-LQP lengkap. Jumlah DNA pembanding dari keluarga tercatat 189.

"Dalam manifes sudah diambil sampel lengkap. Saat ini sedang proses pemeriksaan DNA," kata Kepala Laboratorium DNA Pusdokkes Polri Kombes Putut Tjahjo Widodo di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Sabtu, 3 November 2018.

Sampel DNA keluarga digunakan sebagai pembanding DNA penumpang. Hingga malam tadi, kata Putut, sudah ditemukan 306 sampel DNA.


"Namun, seluruh jumlah tersebut kemungkinan masih belum mewakili seluruh penumpang," ucap dia.

Baca: Sebagian Hasil Tes DNA Penumpang Lion Diumumkan Besok

Putut menjelaskan tim langsung mengambil sampel DNA begitu kantong jenazah tiba di RS Polri. Proses identifikasi lewat DNA, kata Putut, memakan waktu sekitar empat hari.

DNA dari 24 kantong pertama diterima tim DVI Polri baru bisa diumumkan Minggu, 4 Oktober 2018. Kantong jenazah pertama tiba pada Senin, 29 Oktober 2018.

"Pengambilan sampel DNA dilakukan di hari kedua untuk post mortem. Pada Selasa malam (30 Oktober) kami menemukan 87 sampel DNA dan langsung dikirimkan ke lab malam untuk memulai proses identifikasi pada Rabu pagi (31 Oktober). Nah, lamanya identifikasi baru bisa dihitung saat proses dimulai, yaitu pada Rabu pagi," beber dia.

Penghitungan yang sama berlaku untuk kantong jenazah yang tiba di RS Polri pada hari kedua hingga keenam. Ia berjanji mengumumkan hasil tes DNA setiap hari, mulai besok.

Hingga hari ini, empat jenazah teridentifikasi. Empat jenazah tersebut ialah Jannatun Cintya Dewi, Hizkia Jorry Saroinsong, Chandra Kirana, dan Monni.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id