Maket Bandara NYIA. Foto:Mdcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)
Maket Bandara NYIA. Foto:Mdcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)

Jokowi Bukan Alasan Peresmian NYIA Ditunda

Nasional bandara
Nur Azizah • 28 April 2019 20:58
Jakarta: Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulon Progo batal diresmikan. Sedianya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan bandara baru itu Senin, 29 April 2019.
 
Batalnya peresmian bandara NYIA Kulon Progo diduga karena berbenturan dengan jadwal Jokowi. Namun, kabar itu dibantah langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
 
"Bukan (karena Pak Jokowi). Kita ingin koordinasikan penerbangan-penerbangan agar lebih efektif, lebih continues ya," kata Budi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu, 28 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Budi, saat ini masih banyak jadwal maskapai penerbangan yang belum tersambung. Ia khawatir, kondisi itu bisa menyebabkan pelayanan penerbangan jalan di tempat.
 
"Belum terlalu continue. Jadi, kalau belum padu bisa mengakibatkan banyak stagnasi di beberapa tempat. Padahal penerbangan ini kan harus continues dari pagi sampai sore," pungkas dia.
 
(Baca: Menhub Yakin NYIA Bakal Ramai)
 
Landasan bandara sudah rampung 100%. Sementara, pengerjaan terminal baru sekitar 20%.
 
"Landasan ini salah satu kualifikasi terbaik di Indonesia, baik dari panjangnya 3.200 meter, lebarnya 75 meter, daya dukungnya di atas 100," ujarnya.
 
Dia menjelaskan landasan Bandara Internasional Yogyakarta sangat bisa digunakan untuk berbagai jenis penerbangan dan maskapai. Contohnya, pesawat jenis Airbus 380 bisa mendarat di bandara tersebut.
 
"Apa yang sudah kita bangun berupa terminal kapasitasnya mencapai 50 take off landing per hari. Artinya, bisa 5 ribu orang datang dan 5 ribu orang pergi," pungkas dia.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif