Jokowi Ingatkan Pentingnya Inovasi dan Kerja Keras

Achmad Zulfikar Fazli 07 Desember 2018 12:27 WIB
startupinovasi
Jokowi Ingatkan Pentingnya Inovasi dan Kerja Keras
Presiden Joko Widodo - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengingatkan anak-anak muda untuk terus berinovasi serta bekerja keras. Pasalnya, itu sangat dibutuhkan dalam menghadapi era perubahan global.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan pelaku usaha rintisan (startup) dalam peresmian Pembukaan Digital Startup Connect 2018 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan.

"Inilah terbukanya kesempatan bagi yang kecil untuk mencuri kesempatan dalam situasi seperti ini. Kesempatan bagi anak-anak muda yang kreatif yang inovatif untuk menyalip di tikungan. Saudara-saudara sekarang ini diberikan kesempatan untuk menyalip di tikungan, hanya mau menyalip enggak?," kata Jokowi, Jumat, 7 Desember 2018.


Jokowi mengatakan perubahan global saat ini terjadi sangat cepat dan tidak normal. Namun, dia yakin, anak-anak muda Indonesia mampu merespons perubahan dunia lewat ekonomi digital. Yang terpenting, kata dia, harus mau bekerja keras, inovatif, dan berani bermimpi besar. 

(Baca juga: OJK: Startup Wujudkan Inklusi Keuangan Indonesia)

"Saya kira kalau penguasaan teknologi anak-anak muda kita enggak kalah. dan orientasinya adalah sociopreneur, memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, mencarikan solusi-solusi yang ada di masyarakat," kata dia.

Berdasarkan data dari McKinsey Global Institute di 2016, jelas Jokowi, saat ini ekonomi digital telah menyumbang 10 persen dari PDB dunia. Menurut dia, itu merupakan jumlah yang sangat besar.

"Dan, yang saya terima laporan digital spy over di 2017, kolaborasi antara Huawei dengan Foxspot economic, besaran ekonomi digital di dunia mencapai USD11,5 triliun setara dengan 15,5% PDB dunia. Dan, kita tahu ekonomi digital global tumbuh dua kali lipat, tahun 2025 diprediksi PDB USD23 triliun," jelas dia.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id