Ilustrasi Kebakaran/Medcom.id
Ilustrasi Kebakaran/Medcom.id

Kebakaran Gedung Hailai Diduga Akibat Pekerjaan Las

Nasional kebakaran
Kautsar Widya Prabowo, Yurike Budiman • 05 November 2019 06:24
Jakarta: Gedung Hailai yang berlokasi di samping pintu gerbang Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, terbakar. Insiden itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB.
 
Petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api dari gedung bekas hiburan malam itu hingga Selasa, 5 November 2019, pukul 05.00 WIB. Kapolsek Pademangan Kompol Joko Handono menyebut api berasal dari sisa pengerjaan las yang dilakukan sore kemarin.
 
"Berdasarkan keterangan saksi, api diduga dari percikan las yang jatuh ke busa di lantai dua," kata Joko saat dihubungi, Selasa, 5 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekerjaan las dilakukan untuk merobohkan gedung. Sejumlah alat berat juga sudah disiapkan untuk merobohkan gedung yang sempat menjadi primadona di era 1970-an itu.
 
"Gedung ini sudah ditenderkan untuk dirobohkan dan memang sudah ada ekskavator (alat berat) di luar gedung," ungkapnya.
 
Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Abdul Wahid menjelaskan gedung itu kosong saat terbakar. Pemadam kebakaran mengerahkan 20 unit mobil damkar memadamkan api yang berkobar hampir lima jam itu.
 
"Itu di dalam terbakar hampir semua lantai," kata Wahid.
 
Gedung Hailai mulai aktif sebagai salah satu hiburan malam di Jakarta pada 1971. Puncak kejayaan hiburan malam itu mulai menurun ketika Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin lengser pada 1977.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif