Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius

Menkes Sebut Tak Semua Pasien Covid-19 Perlu Dirawat di Rumah Sakit

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Theofilus Ifan Sucipto • 27 Januari 2022 17:57
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut tak semua pasien covid-19 perlu penanganan rumah sakit (rs). Ribuan pasien covid-19 yang tengah di rs sebenarnya bisa sembuh dengan menjalani isolasi mandiri.
 
"Jadi angka 7.688 itu sebagian besar sebenarnya tidak perlu dirawat di rumah sakit," kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022.
 
Budi mencontohkan 854 pasien Omicron yang sempat dirawat di rumah sakit sejak awal Desember 2021. Sebanyak 795 pasien tidak mengalami gejala dan mengalami gejala ringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pasien Omicron dengan gejala sedang atau membutuhkan oksigen sebanyak 54 orang. Sedangkan pasien Omicron dengan gejala berat atau harus dirawat di ruang intensive care unit (ICU) sebanyak lima orang.
 
"Sebenarnya yang perlu masuk rumah sakit yang 59 pasien itu atau sekitar enam sampai tujuh persen dari yang dirawat," kata Budi.
 
Baca: Terus Melonjak, 8.077 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini
 
Budi menegaskan pasien Omicron tanpa gejala tidak perlu dirawat di rumah sakit. Termasuk, pasien yang mengalami gejala ringan seperti batu, demam, dan pilek.
 
"Kalau saturasi oksigennya masih di atas 94 atau 95, dia bisa dirawat di rumah. Kita sudah berikan layanan telemedicine dan dirawat jarak jauh," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif