Ilustrasi. Foto: MI/Dwi Apriani
Ilustrasi. Foto: MI/Dwi Apriani

Jemaah Diimbau Jaga Kebugaran Jelang Puncak Haji

Theofilus Ifan Sucipto • 05 Juli 2022 13:19
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengingatkan jemaah agar menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh. Supaya jemaah bisa beribadah dengan baik saat puncak haji di Armuzna.
 
“Pesan utama saat mendekati fase Armuzna mencegah agar jemaah tidak kelelahan,” kata Koordinator Lapangan Promosi Kesehatan (Promkes) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Ira Cyndira Tresna dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Ira mengatakan Tim Promkes bakal menggencarkan sejumlah kampanye. Supaya jemaah haji tidak melakukan aktivitas berlebihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jemaah haji beristirahat, salat di masjid terdekat, dan tidak perlu selalu ke Masjidil Haram tiga hari sebelum Armuzna,” papar dia.
 

Kemenkes: Masker Sudah Jadi Budaya untuk Mencegah Penularan Penyakit

Selain itu, Tim Promkes memonitor kondisi jemaah dengan penyakit penyerta atau komorbid. Mulai dari hipertensi, jantung, hingga diabetes.
 
“Kita kampanyekan pengendalian hipertensi, pencegahan penyakit menular dengan patuh protokol kesehatan, dan mencegah dehidrasi dengan selalu minum cairan oralit,” jelas Ira.
 
Menurut Ira, jemaah haji perlu bekerja sama menyukseskan ibadah haji. Caranya dengan menjaga diri sendiri dan mengingatkan rekan jemaah lainnya untuk menjaga kesehatan.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif