Dawam Rahardjo Dinilai Pantas Disemayamkan di TMP
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Almarhum cendekiawan muslim Dawam Rahardjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menganggap almarhum pantas dimakamkan di sana. 

"Almarhum memang pantas bersemayam di sini bersama pendahulu yang dinilai berjasa bagi bangsa," kata Lukman di lokasi, Kamis, 31 Mei 2018.

Menurutnya, Dawam adalah salah satu tokoh masyarakat dan cendekiawan muslim terbaik. Semasa hidup, almarhum fokus melakukan penelitian dan mencurahkan pemikiran melalui tulisan.


"Pemikiran almarhum termasuk kritik nalar yang memberi sumbangan berharga pada bangsa dan negara," kata Lukman.

Ia menyebut kiprah Dawam pada pemikiran dan agamawan Islam, telah ikut mewujudkan cita-cita masyarakat madani di Tanah Air. Jejak karier Guru Besar Universitas Muhammadiyah Malang itu juga turut memberi inspirasi, motivasi dan pencerahan pada generasi muda.

(Baca juga: Puasa Menurut Dawam Rahardjo)

Dawam dimakamkan di TMP Kalibata sesuai dengan wasiat terakhirnya pada keluarga. Dia minta dimakamkan dekat Nurcholis Madjid atau Cak Nur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. 

Ketua Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshidiqqie menyebut Cak Nur (Nurcholish Madjid) dan Dawam sangat dekat semasa hidup. Meskipun usia Dawam jauh lebih muda, dan memiliki pergerakan di bidang berbeda.

"Cak Nur di bidang agama dan filsafat, sementara Dawam di bidang ekonomi dan gerakan sosial. Tapi keduanya sangat dekat," kata Jimly di rumah duka, Jalan Kelapa Kuning III, Jakarta Timur, Kamis, 31 Mei 2018.

Dawam sendiri telah diganjar banyak penghargaan semasa hidup. Pada 1995 almarhum menerima Satya Lencana Pembangunan karena berjasa dalam pembangunan. Pada 1997 dia menerima penghargaan Hatta Nugraha atas komitmen ekonomi kerakyatan. 

Adapun di 1999, Dawam diganjar Tanda Jasa Bintang Mahaputra Utama. Sementara 2013 ia menerima penghargaan Yap Pyam Him karena egigihan membela kaum minoritas.





(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id