Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Metro Pagi Primetime

Perubahan Aturan PPKM Disertai Evaluasi

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 bioskop PPKM PPKM level 3 PPKM Jawa-Bali PPKM Diperpanjang
MetroTV • 21 September 2021 13:41
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan mengubah aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara bertahap di Jawa-Bali. Evaluasi tetap dilakukan setiap pekannya untuk mengantisipasi gelombang ketiga.
 
“Dalam arahan diberikan Presiden dalam pembatasan kali ini diputuskan bahwa perubahan PPKM dilakukan selama dua minggu untuk Jawa-Bali,” kata Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan lewat konferensi pers secara virtual dalam program Metro Pagi Primetime, Selasa, 21 September 2021. 
 
Luhut melanjutkan, tidak akan ada perubahan secara drastis dalam aturan PPKM terbaru. Perubahan aturan baru yakni anak usia di bawah 12 tahun diizinkan masuk pusat perbelanjaan atau mal. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan mal bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun, dengan pengawasan dan pendampingan orang tua," ucapnya. 
 
Baca: Diperpanjang Hingga 4 Oktober, Ini Aturan Baru PPKM Jawa-Bali
 
Uji coba ini akan diterapkan di lima wilayah antara lain Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Perubahan aturan lainnya, yaitu pembukaan bioskop dengan maksimal 50 persen kapasitas dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. 
 
"Serta penerapan protokol kesehatan secara ketat dan bagi kategori kuning dan hijau dapat masuk ke area Bioskop," ungkap Luhut. 
 
Pemerintah juga mengizinkan pembukaan Liga 2 Indonesia 2021-2022 pekan ini. Pembukaan pelaksanaan pertandingan Liga 2 akan digelar di kota/kabupaten PPKM level 3 dan 2, dengan maksimal delapan pertandingan per minggu. 
 
Selain itu, restoran di fasilitas olahraga outdoor dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal pengunjung 50 persen. Perkantoran nonesensial di kabupaten/kota level 3 dapat menerapkan work from office (WFO) 25 persen.  
 
"Namun, hal itu hanya diperuntukkan bagi pegawai yang sudah divaksinasi. (Masuk kantor) harus sudah memakai QR PeduliLindungi," papar dia. (Taris Dwi Aryani)
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif