Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Waspada, 1 Kasus Omicron Bisa Menularkan hingga ke 40 Orang

Nasional Virus Korona Varian B.1.1.529 Omicron Varian Omicron
MetroTV • 29 November 2021 14:57
Jakarta: Varian baru covid-19 yang diberi nama Omicron adalah varian kelima yang menjadi variant of concern yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Varian ini diprediksi memiliki tingkat penularan yang jauh jauh lebih cepat dibanding varian lainnya.
 
Kepala Bidang Pengembangan Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Masdalina Pane, menjelaskan beberapa hal yang diprediksi menyebabkan varian Omicron ini harus diwaspadai masyarakat Indonesia.

1. Angka reproduksi yang tinggi

Varian covid-19 yang muncul di awal pandemi memiliki angka reproduksi dua sampai empat. Selanjutnya, varian Delta memiliki angka reproduksi enam sampai delapan. Nah, untuk varian Omicron disebut memiliki angka reporduksi antara 10 sampai 40. 
 
"Artinya, satu kasus dapat menularkan kepada 10 hingga 40 orang lainnya," kata Masdalina Pane dalam tayangan Metro Siang, di Metro TV, Senin, 29 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, untuk tingkat keparahan, kinerja vaksin, tes diagnosis, hingga efektivitas pengobatan, saat ini masih dalam penelitian WHO.
 
Baca: Terbanyak Bermutasi, Bukan Berarti Omicron Lebih Membahayakan
 
Menurut Masdalina, dalam dua sampai tiga minggu ke depan, sudah didapatkan hasil. Apakah Omicron memiliki virulensi yang lebih tinggi dari varian Delta? Dan apakah mempengaruhi kinerja vaksin?

2. Gejala awal ringan, tetapi bisa ganas

Laporan dari Afrika Selatan menunjukkan bahwa penderita yang terinfeksi varian Omicron memiliki gejala lebih ringan dari varian sebelumnya. Menurut Masdalina, hal ini dikarenakan masih terjadi pada kelompok usia muda dan sudah divaksin. 
 
"Tetapi, kalau sudah semakin banyak yang terinfeksi, maka akan menimbulkan gejala yang sama beratnya dengan varian sebelumnya. Namun, ini masih dalam penelitian," ujar dia. (Imanuel Rymaldi Matatula)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif