Percepatan Pembangunan Infrastruktur Bukan untuk Pemilu

Achmad Zulfikar Fazli 27 November 2018 12:57 WIB
infrastruktur
Percepatan Pembangunan Infrastruktur Bukan untuk Pemilu
Presiden Joko Widodo - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta kontraktor untuk mempercepat pengerjaan pembangunan Tol Bakauheni-Palembang. Dia menegaskan permintaan itu semata untuk kepentingan masyarakat bukan untuk pemilu.

"Jangan ke mana-mana. Biar (masyarakat) bisa lebaran dari Jakarta ke Palembang. Bukan Pemilu," kata Jokowi dalam CEO Forum 2018 di JCC, Selasa, 27 November 2018.

Awalnya, kata dia, pihak kontraktor menyanggupi penyelesaian proyek itu pada Juni 2019. Namun, dia meminta proyek itu kelar April 2019 dan akhirnya permintaan itu disepakati oleh kontraktor. "Biar ada manfaatnya," ucap dia.


Selain Tol Bakauheni-Palembang, sejumlah infrastruktur lain juga akan rampung pada akhir tahun ini dan tahun depan. Misalnya, Tol Jakarta-Surabaya akan tersambung pada Desember 2018 ini. Kemudian, trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar juga diresmikan akhir tahun ini.

Baca juga: Tol Bakauheni-Palembang Tingkatkan Perekonomian

"Kita juga akan lihat nanti di akhir 2018 ini Pelabuhan Kuala Tanjung selesai," kata dia.

Pembangunan pelabuhan Makassar New Port juga akan selesai pada Januari 2019. Pada tahun depan, pemerintah akan merampungkan pembangunan landasan pacu (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini sebetulnya saya tunggu runway ketiga Soetta. Tapi karena sedikit terhambat mungkin di pertengahan 2019," ujar dia.


 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id