Kendaraan mengantre di pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Foto: Antara/Dedhez Anggara.
Kendaraan mengantre di pintu Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Foto: Antara/Dedhez Anggara.

Puncak Mudik Natal Diprediksi Terjadi Malam Ini

Nasional perayaan natal dan tahun baru natal dan tahun baru
Siti Yona Hukmana • 22 Desember 2018 16:15
Jakarta: Puncak kepadatan lalu lintas mudik libur Natal dan tahun baru 2019 diprediksi terjadi malan ini. Titik kepadatan diprediksi terjadi di Tol Jakarta-Cikampek sampai kilometer 42.
 
Kepala Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sudarmanto mengungkapkan, puncak mudik terjadi H-3 Hari Raya Natal 2018.
 
"Puncak mudik prediksi kami dari Ditlantas malam ini," kata Sudarmanto, Sabtu, 22 Desember 2018.
 
Pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas lebih awal di Simpang Susun Cikunir yang mempertemukan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Lingkar Luar Jakarta.
 
Sudarmanto menyatakan, arus kendaraan dari arah Jakasampurna yang belok ke arah Cikampek akan diluruskan menuju Pondok Kopi.
 
"Kami luruskan yang arus dari Jakasampurna turun ke Cikunir itu kita luruskan ke arah Pondok Kopi tapi mutarnya di Kalimalang," ujar Sudarmanto.

Baca: Jakarta Semarang Kini Hanya 6 Jam

Kemudian, kendaraan yang berputar di Kalimalamg itu akan bergabung dengan arus kendaraan dari arah Pondok Kopi yang hendak memasuki Tol Jakarta-Cikampek.
 
Sudarmanto mengimbau pemudik menyiapkan fisik, cek kendaraan. Bilda pengemudi lelah dan mengantuk disarankan menepi atau istirahat di pos yang telah disediakan.
 
"Jangan dipaksa. Polisi sudah siapkan pos-pos pelayanan sepanjang jalan tol. Apalagi Masyarakat euforia ingin menggunakan jalan tol. Tolong memacu kendaraan sesuai dengan kemampuan mesin dan kemampuan kendaraan. Mau secepat apapun, utamakan keselamatan," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan