Menkes Nila Moeloek. MI/ Adam Dwi
Menkes Nila Moeloek. MI/ Adam Dwi

Menkes: Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Nasional Cacar Monyet
Dheri Agriesta • 14 Mei 2019 14:16
Jakarta: Pemerintah Singapura menemukan kasus cacar monyet yang menjangkiti beberapa warga mereka. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memastikan virus cacar monyet belum masuk ke Indonesia.
 
"Belum, jangan sampai dong," kata Nila di Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Kementerian Kesehatan telah memperketat akses masuk internasional seperti Pelabuhan Internasional Batam dan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sejumlah fasilitas pendukung telah disiapkan untuk memastikan tak ada pengunjung yang terjangkit virus masuk ke wilayah Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah rumah sakit disiapkan untuk mengecek pasien yang diduga terjangkit. Kementerian Kesehatan harus memastikan terlebih dulu apakah penyakit yang diderita pasien adalah cacar monyet.
 
"Kami harus siapkan rumah sakit, jadi yang benar-benar cek-nya, betul enggak ini cacar monyet," kata dia.
 
Baca:Cacar Monyet dan Penanganannya
 
Nila juga mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam berhubungan dengan binatang. Masyarakat diminta menjaga kebersihan, tak hanya lingkungan tapi juga diri sendiri.
 
"Cuci tangan sebelum makan, kalau batuk pakai masker, kan sederhana tapi kita tidak menularkan kepada orang lain," kata Nila.
 
Nila menjelaskan cacar monyet merupakan virus yang tak memiliki obat. Penularan penyakit ini juga tergantung daya tahan tubuh manusia.
 
"Sebenarnya tidak ada pengobatan, daya tahan tubuh," jelas Nila.
 
Virus cacar monyet ditularkan dari hewan ke manusia. Virus ini tak cuma ditularkan dari monyet, tapi juga hewan lain seperti tupai dan tikus. Penularan bisa lewat gigtan, darah, atau kulit hewan yang terinfeksi.
 
"Mula-mula penyakit hanya ada di Afrika, terutama Afrika Barat, Kongo, Liberia, Nigeria, Pantai Gading," pungkas Menkes.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif