Ilustrasi-MI
Ilustrasi-MI

KPK Sita Uang dari Hakim PN Balikpapan

Nasional operasi tangkap tangan
Juven Martua Sitompul • 03 Mei 2019 23:01
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap hakim Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan dan empat orang dari sejumlah unsur. Uang ratusan juta rupiah diamankan dari operasi tangkap tangan (OTT) tersebut.
 
"Ada uang diamankan dalam giat ini, jumlahnya sekitar Rp100 juta," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Berdasarkan informasi awal, suap diberikan agar hakim menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa perkara pidana penipuan dokumen tanah. Uang itu diduga bagian dari fee untuk hakim tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uang yang diamankan dalam perkara ini diduga bagian dari permintaan sebelumnya jika dapat membebaskan terdakwa dari ancaman pidana dalam dakwaan kasus penipuan terkait dokumen tanah," kata dia.
 
Febri masih enggan membeberkan secara rinci identitas hakim yang ditangkap. Informasi lebih rinci akan disampaikan pimpinan KPK dalam konferensi pers besok.
 
Hakim PN Balikpapan bersama empat orang dari sejumlah unsur terjaring OTT KPK. Dua dari mereka adalah advokat, satu orang panitera dan seorang pihak swasta.
 
Hakim dan empat orang lainnya diamankan saat tengah melakukan transaksi suap. Diduga, pemberian uang terkait penanganan perkara pidana penipuan terkait dokumen tanah yang ditangani PN Balikpapan.
 
Saat ini, tim Satgas di Mapolda Kalimantan Timur tengah memeriksa lima orang tersebut secara intensif. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum terhadap pihak-pihak yang ditangkap.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif