Mendagri Tjahjo Kumolo memantau pilkada di Jateng. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Mendagri Tjahjo Kumolo memantau pilkada di Jateng. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Kepala Sekolah Gadungan Tipu Mendagri

Nasional penipuan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 Januari 2019 15:04
Jakarta: Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya membekuk NSN, penipu yang mengelabui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Pelaku mengaku sebagai kepala SD Rejosari Semarang, tempat Tjahjo menimba ilmu, lalu meminta dana Rp10 juta untuk membangun musala dan sekolah.
 
“Karena iktikad baik, Pak Menteri memerintahkan stafnya untuk mentransfer uang sejumlah Rp10 juta yang diminta,”kata Pembatu Unit II Resmob Polda Metro Jaya AKP Reza Pahlevi di Polda Metro Jaya, Senin, 21 Januari 2019.
 
Namun, penipuan ini terungkap setelah Tajhjo menyuruh stafnya mengecek pembangunan musala di SD tersebut. Ternyata, tidak ada pembangunan. Tjahjo melalui stafnya kemudian membuat laporan ke kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berdasarkan laporan tersebut, kami melakukan penyelidikan dan menangkap satu orang pelaku,” terang dia.
 
Baca: Diduga Menilap Rp9,2 Miliar, Duta Kemenpora Dipolisikan
 
Dari pemeriksaan, Reza mengatakan pelaku adalah seorang pengangguran. Dia mengaku mendapat nomor menteri dari group WhatsApp dan menggunakan uang pemberian untuk berjudi.
 
Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 3 dan atau Pasal 4 dan atau Pasal 5 juncto Pasal 2 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi