Kepala Lembaga Biomolekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio. Medcom.id/Theo
Kepala Lembaga Biomolekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio. Medcom.id/Theo

Plus Minus Laporan Harian Covid-19 Lewat PCR dan Antigen Dipisah

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Penularan covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 24 Juni 2021 13:21
Jakarta: Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, menilai perlu ada pemisahan antara data spesimen tes polymerase chain reaction (PCR) dan antigen dalam laporan harian covid-19. Namun, pemisahan laporan harus disesuaikan dengan kegunaan dalam mendeteksi kasus penularan covid-19.
 
"Dimungkinkan untuk dipisahkan. Karena kita tahu tes rapid antigen berbeda tujuan pemakaiannya dari PCR," kata Amin kepada Medcom.id, Kamis, 24 Juni 2021.
 
Amin mengatakan akurasi tes PCR tak diragukan lagi dalam mendeteksi covid-19. Tes PCR lebih sensitif dan reliabel dalam pendeteksian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, hasil tes PCR membutuhkan waktu lama ketimbang antigen. Hal itu diyakini bakal berdampak pada upaya pemerintah, seperti tracing, testing, dan treatment (3T).
 
"Paling enggak satu hari jadi, baru diperoleh, (atau) mungkin besoknya, dua hari," ucap Amin.
 
Sedangkan tes antigen bisa dipakai untuk melakukan testing awal dan lebih cepat mendeteksi keberadaan virus. Tes ini akan membantu dalam penanganan covid-19 jika langsung ditemukan kasus positif.
 
"Jadi kalau dengan tes antigen ditemukan positif. Maka sudah bisa dilakukan isolasi awal," ujar Amin.
 
Baca: Kapolri Targetkan Penyuntikan Satu Juta Dosis Per Hari Terjadi 26 Juni
 
Amin mengatakan antigen tetap bisa digunakan untuk screening awal dalam mengetahui terinfeksi atau tidaknya seseorang. Namun, hasil positif covid-19 dari tes antigen perlu dibuktikan dengan PCR.
 
"Kalau hasilnya positif maka harus dikonfirmasi dengan PCR. Kalau hasilnya negatif tapi kasusnya sangat mencurigakan tentu harus dikonfirmasi dengan PCR," terang Amin.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif