Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Indonesia Belajar dari India Hingga Iran Soal Penanganan Covid-19

Nasional India Virus Korona Iran pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penanganan Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 25 November 2021 23:21
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan Indonesia belajar dari berbagai negara ihwal penanganan covid-19. Strategi akurat menjadi salah satu dasar pertimbangan pemerintah menyusun kebijakan.
 
“Penting bagi Indonesia mengamati penanganan covid-19 yang berhasil di negara lain,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi, Kamis, 25 November 2021.
 
Wiku menyebut lima negara berhasil menjaga tren baik covid-19. Negara tersebut, yakni India, Filipina, Iran, Jepang, dan Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelima negara itu konsisten menurunkan kasus usai mengalami puncak tertinggi. Salah satunya Indonesia sukses menurunkan kasus hingga 99,3 persen.
 
“Pembelajaran itu adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat meski dengan detail aturan yang berbeda-beda,” papar dia.
 
Wiku mengatakan keempat negara tetap mewajibkan protokol kesehatan terutama memakai masker. Dia mencontohkan India tetap membatasi aktivitas masyarakat saat perayaan keagamaan.
 
“Indonesia juga perlu hati-hati membuka kegiatan bertahap terlebih akan masuk ke libur Natal dan tahun baru,” jelas dia.
 
Wiku menyebut salah satu langkah di Filipina bisa ditiru Indonesia. Filipina sigap membatasi aktivitas masyarakat bila kasus nasional mulai naik.
 
“Pemerintah daerah (Indonesia) diminta tanggap terhadap kondisi kasus di daerahnya. Lakukan pengendalian sebelum terlambat,” tegas dia.
 
Sementara itu, Jepang dan Iran bisa menjadi referensi laju vaksinasi. Capaian vaksinasi di Jepang sudah mencapai 70 persen populasi dan Iran mencapai 50 persen populasi.
 
Baca: IDI Dorong Pemerintah Perketat Pintu Masuk Indonesia
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif