Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

10,5 Juta Pekerja Sudah Terima Subsidi Upah, 1,9 Juta Lagi Menyusul

Nasional Kemenaker Bantuan Langsung Tunai
Cindy • 02 Oktober 2020 13:22
Jakarta: Sebanyak 10,5 juta penerima bantuan subsidi upah (BSU) telah menerima bantuan dari pemerintah. Pemberian bantuan telah dilakukan sejak 26 Agustus 2020.
 
"Bantuan diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp600 ribu selama empat bulan dan dibayarkan setiap dua bulan sekali," kata Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziyah, lewat konferensi pers bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara daring, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Bantuan itu sesuai dengan Permenaker 14 Tahun 2020 dengan total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp37,74 triliun. Ida mengatakan masih ada 1,9 juta pekerja yang belum menerima subsidi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum menerima bantuan bisa saja (masuk) batch IV masih proses (transfer) dan mungkin batch V masih dalam proses validasi," ucap dia.
 
Baca: 600 Ribu Data Subsidi Gaji Tak Bisa Dikonfirmasi Ulang BPJamsostek, Ini Alasannya
 
Menurut dia, ada sejumlah kendala realisasi BSU tak maksimal. Di antaranya terjadinya duplikasi rekening, rekening tutup, pasif, tidak valid, dibekukan, tidak sesuai dengan NIK, hingga tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian.
 
Oleh karena itu, Kemenaker melaporkan kendala tersebut kepada pimpinan KPK. Ida juga berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk kembali melakukan validasi data.
 
"Kami juga berkoordinasi dengan bank penyalur terkait rekening bermasalah dan membuat posko pengaduan sistem cek data penerima secara online di https://bantuan.kemnaker.go.id," ujar Ida.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif