Ilustrasi. Foto: MI/Abdus Syukur
Ilustrasi. Foto: MI/Abdus Syukur

Khotbah Jumat Bisa Jadi Ajang Sosialisasi Bahaya Covid-19

Nasional Mudik Lebaran pesantren Virus Korona pandemi covid-19
Antara • 07 Mei 2021 10:18
Jakarta: Sosialisasi bahaya covid-19 dinilai efektif disampaikan saat khotbah Jumat. Mimbar-mimbar pengajian juga bisa diramaikan dengan tema ini.
 
"Pesantren dan santrinya harus menjadi garda terdepan dalam sosialisasi bahaya covid-19 di masjid dan pengajian," kata Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanul Haq, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Maman mengatakan peran pondok pesantren dalam menangani pandemi Covid-19 sangat besar. Larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah tentu saja diikuti pesantren dengan cara melarang santrinya pulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sangat penting, apalagi sebagian masyarakat cenderung tidak percaya bahkan apatis. Peran pesantren inilah yang diakui, terutama di beberapa pesantren besar dengan menunjukkan komitmen menghadapi pandemi ini," kata dia.
 
Mengenai santri yang telah terlanjur mudik, dia meminta pondok pesantren untuk memberikan pengertian. Mereka diminta terlebih dahulu melakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. 
 
Di antaranya, melakukan tes covid-19 dan isolasi mandiri sebelum berkumpul dengan keluarga. Hal itu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penularan covid-19. Hal serupa juga dilakukan ketika hendak kembali ke pondok pesantren.
 
"Setiap santri yang pulang harus betul-betul dijamin bahwa mereka negatif. Itu untuk menjamin kepulangan mereka tidak menularkan covid-19," kata dia.
 
Kepulangan santri juga jangan sekadar untuk melepas rindu bertemu orang tua. Pondok pesantren harus memberikan tugas kepada santrinya untuk menyosialisasikan dampak negatif covid-19 kepada warga sekitar rumah. Kepulangan santri diharapkan dapat memperluas cakupan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya covid-19.
 
Maman juga meminta penerapan protokol kesehatan, baik itu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker dipraktikkan langsung di pondok pesantren. Menurutnya, ini berdampak sangat signifikan dalam mencegah penularan covid-19.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif