Mahfud Sebut Gaji BPIP tak Sebesar yang Diributkan

Muhammad Al Hasan 31 Mei 2018 14:10 WIB
pancasila
Mahfud Sebut Gaji BPIP tak Sebesar yang Diributkan
Anggota BPIP Mahfud MD - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Jakarta: Anggota Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) angkat bicara soal ribut-ribut gaji selangit. Mahfud MD, salah satu anggota BPIP, menegaskan Perpres No 42 Tahun 2018 yang diteken Presiden Joko Widodo bukan gaji. 

Mahfud menyebut Perpres itu mengatur soal hak keuangan dan fasilitas lain anggota BPIP. Ini, kata dia, berbeda konteks dengan gaji. 

Ia menuturkan dalam konteks gaji, besaran nominal yang diterima anggota BPIP termasuk yang paling kecil. Sesuai aturan, kata dia, gaji BPIP hanya Rp5 juta per bulan. 


"Presiden mengatakan, 'Aduh saya malah merasa enggak enak membikin Bapak-Bapak dan Ibu menjadi serba disalahkan orang, itu bukan gaji, gaji Pak Mahfud dan kawan-kawan itu cuma Rp5 juta'. 'Loh kalau gitu kecil dong', saya bilang (ke pak Jokowi) jika dibandingkan dengan yang lain," kata Mahfud dalam konfrensi pers di Kantor BPIP, Jakarta Pusat, Kamis, 31 Mei 2018

Eks Ketua MK itu menyebut gaji BPIP bahkan lebih kecil dari anggota dewan dan pejabat lain.  

"Coba DPR berapa itu gajinya? Saya pernah menjadi anggota DPR tahun 2004, di luar gaji pokok itu sudah membawa pulang rata-rata Rp150 juta. Ini sudah 14 tahun berarti di sana sudah lebih dari Rp200 juta sudah pasti," kata Mahfud. 

(Baca juga: Wapres: Pekerjaan BPIP Jangan Dibenturkan dengan Gaji)

Mahfud mengaku tahu gaji menteri dan pimpinan lembaga negara. Dia memastikan gaji yang diterima BPIP kecil. 

"Coba sekarang Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden), itu gaji sudah sekitar Rp60 juta, tetapi ditambah Rp100 juta lagi (untuk) operasional. Kami operasionalnya Rp13 juta, tanya saja tuh Wantimpres sekarang," kata Mahfud.

Dia menegaskan anggota BPIP tak tahu menahu dasar penghitungan gaji dan hak keuangan. Hal itu semua ada di tangan pemerintah.

"Nah, sekarang tanya ke Bu Sri Mulyani karena kami nggak buat sendiri. Karena kalau buat sendiri kami naikkan Rp1 miliar. Itu yang membuat pemerintah. Kita gak ikut-ikut," kelakar Mahfud. 

Dia bilang meski sudah ada perpres dan aturan lain, anggota BPIP belum pernah menerima gaji. Namun, Mahfud memastikan bagi publik yang ingin mengetahui detail gaji dan hak keuangan anggota BPIP, dapat mengunduh perpresnya. 

(Baca juga: Honor Megawati Cs Sesuai Beban Kerja)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id