Oknum Guru Pelaku Kekerasan Seksual 13 Siswa

Pelaku Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual saat Kelas 5 SD

Intan Yunelia 13 Juni 2018 13:24 WIB
pencabulan
Pelaku Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual saat Kelas 5 SD
Komisioner bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti, Dokumentasi KPAI
Jakarta: Oknum guru pelaku pelecehan seksual di salah satu sekolah dasar (SD) Negeri di Depok, Jawa Barat ternyata pernah menjadi korban pelecehan serupa di masa kecilnya. Hal ini menjadi perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk memutus mata rantai perilaku menyimpang ini pada 13 siswa korban di SD tersebut.

"Pelaku menjadi korban saat kelas lima SD, tapi bukan dengan guru, melainkan orang dewasa di lingkungannya," jelas Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti Retno, di Jakarta, Rabu, 13 Juni 2018.

Retno mengakui, ada kecendrungan pada sebagian predator atau pelaku kekerasan seksual terhadap anak biasanya juga pernah mangalami hal serupa di masa kecilnya. Memutus mata rantai itu salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan rehabilitasi yang tuntas terhadap para korban, agar menghapus trauma dan mencegah potensi korban menjadi pelaku serupa di masa mendatang.


"Kami akan melakukan pengawasan dengan dinas terkait untuk membantu pemulihan anak-anak. Jangan sampai mereka berpotensi sebagai pelaku,harus kita cegah," kata Retno.

Rehabilitasi, kata Retno, adalah cara untuk memulihkan kembali kondisi psikis anak. Agar bayang-bayang dirinya pernah menjadi korban pelecehan seksual dihapus dari pikirannya.

"Anak-anak harus kembali dinormalkan . Bahwa dia tidak bersalah bahwa dia ini korban, dia bisa sembuh dan hidupnya akan baik," ujarnya.

Baca : Rekrutmen Oknum Guru Cabul di Depok Diduga Bermasalah

Dalam waktu dekat, KPAI akan mengumpulkan kepala sekolah se-Kota Depok untuk memberikan antisipasi dini. Selain itu juga edukasi, untuk mengetahui ciri-ciri dan gerak-gerik pelaku pelecehan seksual yang mungkin saja masih berkeliaran di lingkungan sekolah.

KPAI melibatkan psikolog, bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI). Psikolog diperbantukan untuk program konseling dan rehabilitasi.

"Karena keterbatasan psikolog anak yang dimiliki pemerintah Kota Depok, kemudian universitas diharapkan untuk membantu dalam pengabdian pada masyarakat," tutup Retno.
 



(CEU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360