Presiden Jokowi Buka Pesta Kesenian Bali 2018

Achmad Zulfikar Fazli, Whisnu Mardiansyah 23 Juni 2018 18:00 WIB
presiden jokowi
Presiden Jokowi Buka Pesta Kesenian Bali 2018
Presiden Joko Widodo membuka pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018. Foto: Biro Setpres Laily Rachev
Bali: Presiden Joko Widodo mengakhiri rangkaian kunjungan ke Bali dengan membuka pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018 yang dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar, Sabtu sore, 23 Juni 2018. Dalam kesempatan itu Presiden turut serta dalam pawai parade. 

Mengenakan pakaian adat khas Bali berpadu dengan udeng, saput dan kamen berwarna hijau Presiden tiba pukul 15.10 ditemani serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya khas Bali berwarna hijau langsung menuju panggung utama.

“Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, pawai Pekan Kesenian Bali ke-40 2018 saya nyatakan dimulai," ucap Presiden secara resmi membuka pawai. 


Acara peresmian ditandai dengan pemukulan gong diiringi tarian dari 
Tari Siswa Nataraja dan tabuhan Gamelan Ketug Bumi yang dipersembahkan oleh ISI Denpasar. Sementara itu, tema dari PKB ke-40 adalah Teja Dharmaning Kauripan (Api Spirit Penciptaan).

Iring-iringan pawai dimulai dari perwakilan dari Pemerintah Provinsi Bali, Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan dan Marching Band Universitas Udayana.

Peserta dari luar daerah pun turut memeriahkan pawai. Di antaranya peserta dari pemerintah Provinsi GuangXi China, ISBI Papua, Sanggar Basundari Jepang, Forum Sunda Kecil, Konsulat Jepang, dan Marching Band Warmadewa.

Sementara iring-iringan pawai Presiden beserta ibu negara ditemani Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan istri menaiki mobil hias. Dari mobil hias tersebut, Presiden dan Ibu Iriana menyapa masyarakat yang memenuhi rute pawai. 

Pukul 17.40 WITA, Presiden dan Ibu Iriana selesai mengikuti pawai dan melanjutkan perjalanan menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara pawai Pesta Kesenian Bali ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.



(DMR)