Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan. Foto: Dok. DPR RI
Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan. Foto: Dok. DPR RI

Populer Nasional: Pelat Mobil Arteria Dahlan Hingga 4 Kali OTT dalam Sebulan

Nasional KPK lelang jabatan polri Kasus Suap kasus korupsi mobil polisi OTT KPK covid-19 pandemi covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional Arteria Dahlan
Nur Azizah • 23 Januari 2022 06:54
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan menjadi sorotan publik karena menggunakan pelat nomor kendaraan khusus dinas Polri. Pelat khusus itu bernomor 4196-07 yang digunakan pada kelima kendaraan miliknya. 
 
Kasus bermula ketika Arteria memarkir lima mobil miliknya di parkiran Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan. Yang menjadi pertanyaan, kelima mobil mewah itu menggunakan pelat nomor kendaraan yang sama. 
 
Pantauan Medcom.id, pelat nomor kelima mobil itu berwarna hitam dengan bis kuning. Pada mobil juga terdapat lambang Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.
 
Kelima mobil itu berbeda merek. Sebanyak dua mobil merek Mitsubishi Grandis dan Mitsubishi Pajero warna hitam. Kemudian, dua lainnya bermerek Toyota Fortuner berwarna putih dan Toyota Vellfire warna hitam. Sedangkan, satu mobil lainnya bermerek Nissan X-Trail warna putih.
 
Baca: Arteria Dahlan Disebut Bisa Punya Pelat 4196-07 Atas Pertimbangan Polri 
 
Ketua Ombudsman RI Mochamad Najid menyebut penggunaan pelat nomor polisi milik Arteria Dahlan melanggar aturan. Pelat bernomor 4196-07 itu khusus untuk anggota Polri bukan anggota dewan.
 
"Tidak boleh digunakan orang yang tidak dinas di institusi tersebut, baik Polri, TNI, dan sejenisnya," kata Ketua Ombudsman RI Mochamad Najih saat dikonfirmasi, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Najih menegaskan pelat khusus diberikan kepada Polri/TNI untuk menjalankan tugas dinas. Sama halnya seperti mobil pemerintah yang berpelat merah.
 
Dia juga menekankan penggunaan pelat khusus Polri yang dipakai lebih dari satu kendaraan. Dia menilai Polri harus bertanggung jawab atas penggunaan pelat khusus tersebut. Apalagi, jika Polri terbukti memberikan diskresi kepada wakil rakyat itu.
 
"Ini ada potensi maladministrasi di kepolisian, kalau terbukti memberikan register atas nama yang bersangkutan," ujar Najih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca selengkapnya di sini
 
Berita terkait pelat mobil Arteria Dahlan menjadi berita paling banyak di baca di Kanal Nasional Medcom.id. Berita lain yang juga banyak dibaca terkait sikap gotong royong warga menghadapi pandemi covid-19.
 
Masyarakat diminta saling berbagi di tengah pandemi. Banyak pihak terdampak pandemi covid-19 dan membutuhkan uluran tangan sesama.
 
"Sebagai sesama umat manusia, kita harus memperhatikan kebutuhan seseorang. Dengan berbagi maka banyak manfaat yang kita dapatkan,” kata Ketua DPC Sahabat Ganjar Jakarta Timur M Taufan melalui keterangan tertulis, Sabtu, 22 Januari 2022.
 
Hal itu disampaikan saat pihaknya menginisiasi program berbagi sembako di DKI. Aksi bakti sosial meringankan dampak pandemi covid-19 itu dilakukan di lima titik kota administratif Jakarta pada Jumat, 21 Januari 2022.
 
Baca: Masuk Zona Merah, 14 Kasus Omicron Ditemukan di Cilandak
 
“Dengan adanya pemberian paket sembako ini, besar harapannya dapat memenuhi kebutuhan pangan serta meringankan beban mereka," kata Taufan.
 
Salah satu lokasi tempat pembagian sembako yakni Pesantren Al Fauzan Nusantara, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ketua DPW Jakarta Imron Rosyidi berharap kegiatan itu memberikan manfaat pada para santri dan pengurus pesantren.
 
"Semoga sembako yang diberikan kepada para pengurus dan santri di Pesantren Al Fauzan Nusantara dapat membantu meringankan beban mereka," kata dia.
 
Humas DPP Indah CH berharap ratusan paket sembako yang disebar ke seluruh titik memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga, beban akibat pandemi bisa dikurangi dengan kegiatan sosial tersebut.
 
 
Halaman Selanjutnya
Berita lain yang juga paling…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif