Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Foto: MI/Irfan
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Foto: MI/Irfan

JK Hadiri Sidang Majelis Umum PBB ke-74

Nasional pbb
Sonya Michaella • 22 September 2019 12:26
New York: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-74 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat (AS). Kalla tiba pukul 20.20 waktu setempat.
 
Kedatangan Kalla disambut oleh delegasi Indonesia yang terlebih dahulu tiba. Mereka adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan serta Duta Besar RI untuk AS Mahendra Siregar.
 
Dalam lawatannya ke Negeri Paman Sam ini, Kalla mewakili Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin delegasi Indonesia. Kalla akan berbicara di forum sidang umum PBB ke-74 bertajuk ‘Galvanizing Multilateral Efforts for Poverty Eradication, Quality Education, Climate Action and Inclusion’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sela rangkaian Sidang Majelis Umum (SMU) PBB, Kalla diagendakan melakukan sejumlah pertemuan bilateral. Ia juga dijadwalkan menghadiri jamuan santap malam undangan Presiden AS Donald Trump di Latte New York Palace Hotel.
 
Sidang Majelis Umum PBB tahun ini dihadiri oleh 193 negara anggota PBB, 100 kepala negara, tiga wakil presiden, 47 perdana menteri dan 36 menteri serta dua Chairman of Delegation.
 
Di SMU PBB kali ini, Indonesia menginisasi sebuah resolusi yang pertama kali akan dikeluarkan di PBB, yaitu Internasional Year of Creative Economy. Indonesia dianggap negara maju di bidang ekonomi kreatif karena memiliki Badan Ekonomi Kreatif.
 
Sejumlah negara anggota PBB yang belum memiliki badan setara Bekraf ikut mendorong inisiasi Indonesia ini. Inisiasi ini diajukan Indonesia dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan perhatian negara-negara anggota PBB bahwa ekonomi kreatif merupakan kegiatan inklusif.
 
Sebab, bidang ekonomi kreatif ini terbukti menyumbang tiga sampai empat persen GDP negara.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif