Ilustrasi Tol Cipali. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Ilustrasi Tol Cipali. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Pengemudi Diminta Beristirahat Setiap 4 Jam

Nasional natal natal dan tahun baru
Anggi Tondi Martaon • 03 Desember 2019 19:19
Jakarta: Pemudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2109 yang berencana menggunakan kendaraan pribadi diminta memperhatikan batas waktu mengemudi. Ini penting buat meminimalisasi kecelakaan.
 
"Kalau kondisi kendaraan sudah bagus, sekarang faktor dari manusianya juga harus diperhatikan," kata Analisa Kebijakan Madya Bidang PJR Korlantas Polri Kombes Bakharuddin Mohammad Syah di Gedung Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 itu menjelaskan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan waktu maksimal mengemudi ialah empat jam. Pengemudi disarankan berhenti beristirahat selama 30 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lalu lanjutkan perjalanan selama 4 jam lagi dan istirahat lagi 30 menit," papar dia.
 
Pengemudi bisa memanfaatkan rest area atau tempat pemberhentian buat beristirahat. Dia menuturkan pihaknya bakal menyediakan petugas di setiap rest area.
 
"Mereka (akan) selalu memberikan pemberitahuan buat gantian-gantian (istirahat) seperti itu," sebut dia.
 
Bakharuddin mengakui ketentuan batas waktu mengemudi belum bisa dipantau dengan baik. Sebab, belum didukung sistem atau teknologi pemantau khusus.
 
"Kita memantaunya baru secara umum saja, kalau dia jalan dari Jakarta empat jam itu di mana? Mungkin sampai di Cipali atau Cirebon," sebut dia.
 
Korlantas mengakali kendala tersebut melalui sosialisasi masif. Sehingga, masyarakat bisa mengetahui ketentuan batas waktu mengemudi agar terhindar dari kecelakaan.
 
"Jangan berlomba-lomba, jangan bangga sampai rumah dengan cepat. SOP itu wajib dipatuhi," ujar dia.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif