Pengamanan di depan Gedung Bawaslu. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Pengamanan di depan Gedung Bawaslu. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Massa Aksi Menolak Bubarkan Diri

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Kautsar Widya Prabowo • 22 Mei 2019 19:27
Jakarta : Masa aksi enggan meninggalkan lokasi unjuk rasadi depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat.Mereka menuntut keadilan atas rekan mereka yang menjadi korban pada bentrok Selasa malam, 21 Mei 2019.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id,sekitar ratusan orang bersikeras untuk tetap berada di depan barikade kepolisian. Mereka mengibarkan bendera merah putih dan meminta agar aparat kepolisian tidak ikut kompetisi.
 
Selain berada di persimpangan Jalan MH Thamrin, massa aksi juga mencoba merangsek masuk dari pintu pertokoan Sarinah. Halaman parkir Sarinah saat ini telah dipenuhi massa aksi dengan mengimbarkan bendera merah putih berukuran besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, demo di Bawaslu kembali ricuh pada pukul 18.15 WIB. Mereka melempari petugas dengan botol maupun barang-barang yang ada disekitarnya.
 
Aksi tersebut langsung direspons pasukan Brigadir Mobil (Brimob) dengan menembakkan gas air mata. Petugas melontarkan gas air mata sebanyak tujuh kali.
 
Baca juga: Demo di Bawaslu Ricuh
 
Saat ini pasukan Brimob masih memperketat pengamanan dengan barikade menggunakan tameng berwarna hitam. Barikade dibuat menjadi tiga lapis sebelum menuju depan Gedung Bawaslu.
 
Hingga pukul 19.08 WIB, sesekali massa aksi masih melempari petugas dengan botol minum. Suasana masih mencekam.
 
Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan masih berusaha menenangkan massa aksi menggunakan kendaraan berjenis SUV hitam, bertuliskan V8 pengurai masa (Raisa).
 
"Tolong kami korlap, tolong kami korlap untuk menengkan masa," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif