Gempa. Ilustrasi: Medcom.id.
Gempa. Ilustrasi: Medcom.id.

Gempa Maluku dan Bali Tak Berkaitan

Nasional gempa bumi
M Sholahadhin Azhar • 16 Juli 2019 14:55
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa di Maluku tak berkaitan dengan gempa di Nusa Dua, Bali. Kedua bencana ini disebabkan hal yang berbeda.
 
"Enggak, berbeda ini (Bali) mekanismenya dengan Maluku," kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly di Kantor BMKG, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2019.
 
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono menambahkan lempengan penyebab gempa di Maluku dan Bali tak berasal dari pusat yang sama. Gempa di Bali pagi ini adalah akibat antivitas lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kedua lempengan itu bergesekan dan menimbulkan pergeseran yang berakibat gempa. Sembilan gempa susulan di Bali juga diakibatkan aktivitas yang sama.
 
"Susulan juga tidak jauh juga dengan sumber gempa yang tadi. Itu titik-titiknya jumlahnya itu berada di sekitar sumber gempa yang tadi itu," beber Rahmat.
 
Sementara itu, gempa di Ternate, Maluku Utara, Minggu, 7 Juli 2019, disebabkan deformasi kerak bumi di Lempeng Laut Maluku. Gempa terjadi karena sesar naik akibat tekanan lempeng mikro Halmahera ke barat dan tekanan lempeng mikro Sangihe ke arah timur. Lempeng laut Maluku pun terjepit hingga membentuk subduksi ganda ke bawah Halmahera dan Sangihe.
 
Baca: Gempa Bali Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia
 
Rahmat Triyono juga menuturkan setiap gempa selalu disertai gempa susulan. Hal itu merupakan manifestasi dari energi gesekan lempeng bumi. Masyarakat diminta tak perlu khawatir dengan gempa susulan, khususnya di Nusa Dua.
 
"Jadi setiap kali ada gempa itu justru aneh kalau tidak ada gempa susulan. Curiga ini energi masih belum terlepas semua," imbuh dia.
 
Dia memastikan gempa susulan tak akan sekuat gempa pertama. Pasalnya, ada kecenderungan kekuatan gempa akan berangsur turun.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif